FoMO Berdampak pada Kesehatan Mental, Yuk Simak Kata Ahli

FoMO Berdampak pada Kesehatan Mental, Yuk Simak Kata Ahli

Jika gangguan FoMO telah terjadi pada seseorang bahkan telah mencapai level tinggi, maka akan memberikan dampak pada dirinya, hingga merusak mental.

Diambil dari jurnal Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (2019) karya Nicho dan Dian, dampak FoMO dari beberapa ahli, yaitu :

BACA JUGA:Daftar Harga Apple Ipad Terbaru 2023, Dari yang Termurah Sampai Termahal

  • Putusnya hubungan non-virtual karena kurangnya atensi saat berkomunikasi
  • Meningkatnya intensitas dan ketergantungan pada smartphone
  • Rendahnya tingkat kepuasan dan kesejahteraan hidup
  • Indikasi dari keadaan sosial dan emosi negatif, seperti bosan dan kesepian yang berhubungan dengan penggunaan media sosial.
  • Meningkatnya rasa terpisah dari orang lain (disconnectedness) dan muncul kecemasan sosial.

Cara Mengatasi FoMO

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi FOMO (Fear of Missing Out):

1. Tetap fokus pada diri sendiri

Alihkan perhatian dari apa yang orang lain lakukan dan fokuslah pada diri sendiri. Identifikasi dan hargai pengalaman, tujuan, dan minat pribadi Anda sendiri. Mengembangkan kehidupan yang memenuhi kebutuhan dan kebahagiaan Anda sendiri akan membantu mengurangi FOMO.

BACA JUGA:Tumpukan Sampah Menggunung di Pondok Gede, Tri Gerak Cepat Panggil Dinas LH

2. Kelola penggunaan media sosial

Batasi waktu yang Anda habiskan di media sosial dan sadari bahwa apa yang ditampilkan di sana seringkali merupakan sorotan terbaik kehidupan orang lain. Ingatlah bahwa orang seringkali hanya memposting momen-momen terbaik mereka dan menyembunyikan aspek lain dari kehidupan mereka. Jaga perspektif sehat dan hindari membandingkan diri dengan orang lain.

3. Fokus pada kualitas daripada kuantitas hubungan

Jalin hubungan yang bermakna dan mendalam dengan orang-orang yang benar-benar penting bagi Anda. Daripada mencoba terlibat dalam semua kegiatan sosial, berinvestasi dalam hubungan yang memberikan dukungan, kebahagiaan, dan kedekatan yang sejati.

4. Atur prioritas dan tetapkan batasan

Pilih kegiatan dan acara yang benar-benar penting bagi Anda dan sesuaikan dengan ketersediaan waktu dan sumber daya yang Anda miliki. Jangan takut untuk mengatakan "tidak" jika sesuatu tidak cocok dengan jadwal atau minat Anda.

BACA JUGA:Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik, Gratis Untuk Android dan Ios

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: