Makan Lidah Buaya, Penyakit Maag Bisa Sembuh

Makan Lidah Buaya, Penyakit Maag Bisa Sembuh

JAKARTA, RADARPENA - Tanaman lidah buaya atau nama ilmiah aloe vera, memiliki khasiat menyembuhkan penyakit Maag. Masyarakat Indonesia sudah lama turun menurun mengetahui khasiat tanaman ini. Ibu – ibu rumah tangga di tanah tir, menanam lidah buaya di pot-pot atau didalam polibag.

Lidah buaya adalah sejenis tanaman berdaging yang berasal dari daerah tropis. Tanaman ini memiliki daun berbentuk lanset yang bergerigi di tepinya dan biasanya tumbuh dalam kelompok. Lidah buaya menghasilkan gel atau lendir yang terletak di dalam daunnya.

Lidah buaya juga menjadi tanaman hias karena bentuknya yang indah.  Warnanya yang hijau, serta bentuknya yang mirip seperti lidah dan berigi-rigi serta berdaging tebal  membuat tanaman ini digemari wanita.

Selain untuk obat maag, lidah buaya juga digunakan sebagai shampo untuk membersihkan ketombe. Manfaat lain kesehatan dan membuat kulit lebih halus.

Berikut 3 manfaat Lidah buaya yang dirangkum dari berbagai sumber

  1. Obat Maag

    Cara menggunakannya, kupas lidah buaya secukupnya dan ambil isinya. Potong kecil-kecil kemudian campur sedikit madu agar terasa manis saat diminum. Fungsi madu selain membuat juice lidah buaya itu manis, juga mempercepat proses penyembuhan penyakit maag dan bisa melancarkan pencernaan.

    Setelah madu dan potongan lidah buaya sudah siap, masukkan ke dalam gelas kemudian diaduk-aduk sampai halus. Selanjutnya minum satu kali satu hari, sampai dirasa terdapat perubahan.

  2. Sebagai pengganti shampoo

    Jika anda mengalami masalah ketombe solusinya sangat mudah. Ambil irisan lidah buaya yang telah dikupas, kemudian gosok-gosokkan kebagian rambut atau kepala sampai ketombe yang melengket dibagian kulit kepala terkelupas.

  3. Menghaluskan kulit.

    Lidah buaya juga dapat dipergunakan sebagai motion atau krim penghalus kulit. Kandungan kolagen dan vitamin E yang ada didalam lidah buaya, dipercaya bisa membuat kulit menjadi halus dan cerah.

    Kolagen memiliki kandungan protein yang tinggi. Kolagen juga dapat melancarkan sirkulasi darah menuju kulit. Kolagen dapat mencegah penuaan dini yang dimulai dari jaringan kulit.

  4.  Sebagai Pupuk.

    Tanaman lidah buaya juga bisa juga dipergunakan untuk  menyuburkan tanaman-tanaman lain alias menjadi pupuk. Cara menggunakannya sangat mudah, potong kecil-kecil lidah buaya dan kupas lalu campurkan ke tanah tempat tanaman tumbuh.

Selain dalam perawatan kulit, lidah buaya juga digunakan dalam produk-produk rambut, minuman kesehatan, dan suplemen. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsi lidah buaya sebagai suplemen.(iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: