Cara Screenshot di Laptop atau Komputer dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer dengan Mudah dan Cepat

JAKARTA, RADARPENA - ScreenShot atau tangkapan layar adalah salah satu cara untuk menyalin atau meng-copy apa yang ditampilkan layar laptop pada saat itu.

Screenshot akan sangat berguna ketika akan mengambil materi atau sesuatu yang kita anggap perlu akan tetapi tidak ada file yang bisa di-download, jadi cukup di lakukan tangkapan layar.

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer, khususnya window 10 atau 11, sudah terdapat layanan screenshot bawaan atau menggunakan tombol shortcut.

Berikut ini tips dengan mudah dan cepat screenshot di komputer maupun laptop. Semoga membantu.

BACA JUGA:Mengenal Ragam Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

1. Screenshot menggunakan tombol Print Screen

Cara pertama yang paling mudah adalah menemukan tombol printscreen, PRTSC atau prt.scrn di keyboard atau papan ketik Anda. Biasanya terletak di sebelah kanan atas laptop atau komputer Anda.

Setelah Anda melakukan tangkapan layar, Anda bisa melakukan editing melalui porgram pengolah gambar, misal Paint, atau Adobe Photoshop, sehingga anda dapat merubah ukuran atau memotong yang tidak perlu.

2. Fitur Snip & Sketch

Menemukan fitur ini sangat mudah. Apabila Anda pengguna Windows 7, 10 atau 11, Anda bisa mnggunakan menu yang ada di tombol start, atau mengetikkan melalui kolom pencarian.

BACA JUGA:Yuk Coba! Resep Dimsum Siomay Enak Dijamin Ketagihan

Apabila Anda pengguna Windows 10 atau 11, fitur Snip & Sketch lebih mudah diakses, yaitu dengan menekan shortcut tombol windows + Shift + S.

Setelah membuka fitur, layar akan terlihat meredup, Anda sudah bisa melakukan tangkapan layar dengan bentuk peregi panjang atau full screen.

3. Tombol Windows + Print Screen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: