5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

JAKARTA, RADARPENA - Daun sirih sudah sejak dahulu kala digunakan untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Daun sirih terkenal sebagai jenis tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Daun sirih mempunyai rasa yang sedikir pedas dan beraroma kuat.Beberapa cara penggunaan yang umum termasuk mengunyah Daun sirih secara langsung, membuat ramuan obat dengan merebus Daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak sirih.

Banyak sekali manfaat yang di dapat dari kandungan daun sirih, diantaranya dapat mengendalikan kadar gula dalam darah.

Apa saja kandungan dan manfaat daun sirih? Yuk ikuti penelusurannya.

BACA JUGA:Yuk Intip Cara Menarik Uang di Dana, Salah Satunya Bisa Lewat Alfamart Loh

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Daun sirih telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang memiliki berbagai khasiat. Salah satu alasannya karena daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah bakteri berkembang biak.

Tidak hanya memiliki sifat antibakteri, rupanya daun sirih juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sejumlah nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun sirih adalah sebagai berikut:

  • Yodium: 1.3 mikrogram.
  • Vitamin A: 1.9 sampai 2.9 mikrogram.
  • Kalium: 1 sampai 4.6 mikrogram.
  • Vitamin B1: 13 mikrogram.
  • Vitamin B2: 9 sampai 30 mikrogram.
  • Asam nikotinat: 0.63 sampai 0.89 mikrogram.

BACA JUGA:Profil Fajri, Pria Obesitas Asal Tangerang, Dievakuasi Pakai Forklift

Selain beberapa nutrisi di atas, daun sirih juga mengandung minyak atsiri, gula, pati, fenil propana, terpennena, estragol dan kavicol. Nutrisi-nutrisi ini lah yang mampu memaksimalkan fungsinya dalam mendukung kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan daun sirih:

  1. Perawatan mulut
    Mengunyah daun sirih dapat membantu mengurangi bakteri dalam mulut dan mengatasi masalah kesehatan mulut seperti sariawan, gusi berdarah, bau mulut, dan radang gusi. Produk-produk kesehatan mulut seperti pasta gigi, obat kumur, dan permen kesehatan seringkali mengandung ekstrak daun sirih.

    BACA JUGA:Resep Membuat Salad Buah Mayones Yoghurt yang Nikmat dan Segar
  2. Antimikroba dan antiseptik
    Daun sirih mengandung senyawa seperti eugenol, kavikol, dan estragol yang memiliki sifat antimikroba. Hal ini membuatnya efektif dalam melawan bakteri, virus, dan jamur. Daun sirih digunakan dalam perawatan luka, sariawan, dan infeksi kulit.
  3. Antiinflamasi
    Daun sirih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, tenggorokan, dan bagian tubuh lainnya. Ini dapat bermanfaat dalam pengobatan penyakit seperti radang tenggorokan dan arthritis.
  4. Antioksidan
    Daun sirih mengandung senyawa antioksidan seperti fenolik dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.
  5. Pencernaan
    Daun sirih diklaim memiliki sifat yang menguntungkan bagi sistem pencernaan. Dalam pengobatan tradisional, daun sirih digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti gangguan perut, mual, muntah, dan diare.

BACA JUGA:Ide Kreatif Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Namun Elegan dan Nyaman

Demikianlah sekilas tentang manfaat daun sirih yang sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: