Parasetamol Anak, Perhatikan 4 Hal Saat Meminumnya

Parasetamol Anak, Perhatikan 4 Hal Saat Meminumnya

JAKARTA, RADARPENA - Parasetamol merupakan obat untuk menurunkan panas. Efek dari panas  bisa mengkibatkan seseorang menderita demam. Parasetamol  juga dapat menghilangkan rasa nyeri dan sakit kepala,sakit telinga, sakit perut dan gejala pilek. Parasetamol akan bekerja efektif menurunkan panas yang diderita anak-anak jika diminum sesuai dosis dan anjuran pemakaiannya.

Parasetamol terdiri dari dua macam. Pertama parasetamol untuk  orang dewasa dan parasetamol untuk  anak-anak. Lantas dimana letak perbedaan keduanya . Yuk kita simal uraian ringkas berikut ini >>><<<<>>>.

Parasetamol orang dewasa, dapat mengkonsumsi 1-2 tablet parasetamol berkadar 500 miligram. Jumlah meminumnya bisa berulang hingga berjarak 4-6 jam . Tetapi batasnya tidak boleh lebih dari 8 gram atau 8 tablet. Sakit kepala yang menyerang bisa diatasi dengan cepat saat meminum parasetamol 1-2 tablet untuk  orang dewasa. Sementara anak-anak wajib dosisnya lebih rendah.

Parasetamol anak khusus diberikan untuk  anak-anak. Biasanya parasetamol anak bentuknya sirup. Karena jenisnya sirup maka  rasanya cukup manis. Rasa yang manis lebih disukai anak-anak. Meminumkan obat kepada anak-anak harus lah memliki rasa yang sedikit manis. Tujuannya agar mereka mau meminumnya.

BACA JUGA:Mau Main Naruto Ultimate Ninja Storm 4 Di Android? Simak Caranya Di Bawah Ini!

Selain itu ada juga parasetamol yang dinamakan suppository dengan cara penggunaannya lewat dubur. Penggunaan dubur sebagai jalan masuknya obat, jika anak-anak tidak bisa menelan atau meminum sirup karena sakit yang dideritanya sedang parah.

Parasetamol sudah bisa digunakan oleh anak-anak sejak mereka masih bayi, alias sekitar berumur satu bulan. Penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter, atau medis sehingga mengetahui berapa dosis yang diminum. Selain itu anak-anak paska imunasi juga dapat diminumkan parasetamol, mengingat paska imunisasi biasanya akan terjadi efek menimbulkan rasa nyeri di bagian yang terkena suntikan. Perlu diingat pemberian parasetamol kepada anak-anak saat suhu tubuhnya sudah mencapai 37,5  derajat celcius.

BACA JUGA:Rukun Wudhu Dalam Islam Yang Harus Kamu Ketahui, Salah Satunya Tertib

Parasetamol bisa diberikan lebih dari satu kali dalam 1 x 24 jam dan dosisnya tertentu  dengan memperhatikan petunjuk dari medis dan atau dokter. Parasetamol anak, berbeda dengan parasetamol untuk  orang dewasa. Alasannya karena pemberian parasetamol kepada anak-anak harus disesuaikan dengan usia dan berat tubuh. Juga kemampuan si anak meminum obat dan tingkat kepaharan panas yang tengah diderita anak.Pengenaan minimal  4 syarat ini, agar dosis parasetamol bagi anak-anak, tepat dan tidak over dosis. Parasetamol aman dikonsumsi anak-anak selama dosis yang diminumkan disesuaikan dengan memperhatikan usia dan berat badan mereka. (iaa)**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: