Sunnah Salat Jumat, Salah Satunya Mengenakan Pakaian Warna Putih , Ungkap Rahasianya

Sunnah Salat Jumat, Salah Satunya Mengenakan Pakaian Warna Putih , Ungkap Rahasianya

JAKARTA, RADARPENA - Salat Jumat adalah ibadah yang hanya dikerjakan kaum lelaki dewasa, Salat ini dibebankan bagi mereka yang  memenuhi syarat untuk melaksanakannya seperti sudah baligh dan berakal. Salat jumat dikerjakan pada hari Jumat dengan rakaat sebanyak 2 rakat.

Sebelum salat Jumat dilaksanakan, terlebih dulu mendengarkan khutbah oleh khatib. Biasanya, khutbah diperdengarkan waktunya tidak lama antara 20-25 saja. Alasan khutbah jangan terlalu panjang, karena diantara jamaah salat, ada yang akan kembali melanjutkan pekerjaannya setelah menunaikan salat.

Waktu pengerjaan salat adalah pada siang hari seperti waktu salat dzuhur. Durasi salat jumat ini biasanya antara pukul 12 sampai pukul 1 siang.

Nabi Muhammad SAW  banyak memberikan contoh sunnah terkait pelaksanaan salat ini. Sunnah itu di antara lain mandi jumat sebelum berangkat ke Masjid. Memotong kuku, mencukur kumis, mencukur bulu kemaluan, mengenakan wangi-wangian saat berangkat ke Masjid dan berangkat ke Masjid awal waktu.

BACA JUGA:7 Aplikasi Desain Rumah Terbaik 2023 Versi Android

Jamaah diminta, sewaktu tiba di Masjid segera mencari shaf terdepan. Tujuannya adalah agar jamaah yang tiba belakangan tidak harus melewati bahu jamaah lain, karena yang seperti itu sebaiknya dihindari.

Tidak hanya itu, sunnah lain yang cukup fenomenal adalah mengenakan pakaian dan celana yang berwarna putih.  Selain warna putih diupayakan pakaian dan celana yang dipakai jangan terlalu tebal, tetapi jangan pula yang tembus pandang, karena dapat mengganggu jamaah lainnya.

Yuk kita simak apa makna dibalik penggunaan baju berwarna putih, serta pakaian yang tidak terlalu tebal. Warna putih disimbolkan sebagai warna kebersihan. Mengapa begitu. Jawabannya karena menjaga warna putih dari terkena noda  lebih sulit dari warna-warna lain. Warna putih saat terkena noda akan langsung terlihat. Keadaan ini berbeda dibanding warna lain terlebih-lebih warna gelap.

BACA JUGA:Harga Pertalite Tidak Berubah, Pertamax Turun Rp1.400/liter, Ini Alasannya

Selain itu, warna putih memiliki kemampuan untuk  menolak panas, alias warna ini tidak menyerap sinar matahari. Itu berarti saat disiang hari mengenakan pakaian berwarna putih akan terasa lebih nyaman, dan sejuk, terlebih sewaktu mengerjakan salat jumat.

Saat berada di dalam Masjid, suhu akan terasa lebih panas, lantaran jamaah cukup padat untuk melaksanakan salat dalam waktu bersamaan. Sudah diketahui bersama jika jumlah orang dalam sebuah ruangan lebih banyak, maka akan terjadi peningkatan suhu karena kadar oksigen juga akan berkurang.

Tak itu saja warna putih merupakan warna yang paling baik sebagai pakaian yang tidak menyerap panas, sehingga kita dapat terhindar dari terkena penyakit kanker kulit.Demikian sekilas info mengapa Jumat disunnahkan menggunakan baju berwarna putih.*** (iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: