Ketahui Cara Agar Cepat Tidur dan Terhindar dari Insomnia

 Ketahui Cara Agar Cepat Tidur dan Terhindar dari Insomnia

JAKARTA,-RADARPENA- Tidur malam lebih cepat atau istirahat sangat baik bagi tubuh. Lebih-lebih saat rebahan di tempat tidur seseorang bisa langsung terlelap.

Tidur yang lelap akan membuat fisik beristirahat secara maksimal. Dampaknya akan membuat seseorang kembali prima saat bangun pagi.

Hanya saja tidak semua orang  mengetahui bagaimana cara agar badan tubuh lekas tidur alias cara agar cepat tidur.

 Berikut ini tips-tips yang perlu diketahui agar cara cepat tidur diperoleh.

1. Hindari stress

Stress atau rasa cemas saat akan tidur harus dihindari. Keadaan tubuh yang sedang stress jika berlangsung terus-menerus bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Stress sebenarnya merupakan reaksi yang alami dari tubuh dipicu rasa cemas, takut dan lain-lain . Tetapi kita harus bisa mengkelola stress sehingga tidak menjadi keadaan yang membahayakan  

Usahakan tubuh dalam keadaan rileks, atau santai dan memiliki jiwa yang tenang. Tidak over thinking alias tidak memiliki fikiran yang banyak sehingga jiwa terasa lebih lapang. Munculkan fikiran positif. Ini akan membuat tubuh cepat terlelap.

2. Jauhi Handphone

Smarthphone atau Handphone merupakan benda yang sangat berguna. Namun saat menjelang tidur minimal 1-2 jam  sebelum tidur, hentikan aktivitas bermain handphone. Mengapa seperti itu, karena handphone memiliki efek yang cukup kuat di memori seseorang, selain juga pancaran sinar layar Handphone yang sangat terang dan  bisa mengganggu mata.

3. Perbanyak akfititas disiang hari

Memperbanyak akftifitas di siang hari merupakan cara yang sangat tepat agar tubuh bisa cepat tidur di malam hari. Kondisi fisik yang lelah membuat tubuh memerlukan istirahat. Nah, istirahat yang sangat baik bagi fisik yang letih ialah tidur yang lebih cepat di malam hari.

4. Hindari tidur siang yang terlalu banyak

Hindari tidur siang terlalu banyak juga sangat penting. Saat tubuh sudah cukup tidur alias sejak siang hari sampai sore hari telah melakukan aktfitas tidur akan memicu tubuh tidak lagi memerlukan tidur. Dengan begitu tubuh baru akan menginginkan tidur kembali saat tengah malam.

Tidur yang berlebihan sejak siang hari, akan membuat Anda tidak cepat mengantuk.

5.  Hindari minum Kopi

Minum kopi malam hari juga tidak disarankan, karena kandungan kafein d kopi akan memicu detak jantung yang lebih cepat sehingga tubuh menjadi lebih bersemangat dan membuat susah tidur.  Kalaupun ingin minum kopi lakukan 2 atau 3 jam sebelum tidur.

Kandungan kafein cukup di dalam kopi cukup banyak jika dibanding minuman lain. Kopi juga bisa memicu terjadinya insomania atau kesulitan untuk tidur. 

Demikian kiat-kiat agar kita cepat tidur. Semoga bermanfaat*** (iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: