Muslim Wajib Tahu! Inilah Hal-hal yang Dapat Membatalkan Shalat Beserta Penjelasannya

Senin 21-10-2024,15:25 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ibadah Shalat adalah ibadah yang bersifat wajib. Apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan maka mendapatkan dosa. 

Supaya kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT kita harus melaksanakan shalat dengan Khusyu. Apabila melaksanakan shalat dengan khusyu maka niscaya Allah akan memberikan kita pahala dan kita akan menjadi umat muslim yang beriman.

Untuk melaksanakan shalat yang khusyu, hati harus ikhlas melaksanakan shalat, anda telah meniatkan shalat anda untuk Allah dan anda melupakan duniawi untuk sesaat.  

Untuk melaksanakan shalat dengan khusyu, anda harus mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan shalat. Karena ketika anda sengaja atau tidak sengaja membatalkan shalat maka anda harus mengulang shalat atau anda dianggap tidak melaksanakan shalat. 

Hal-hal yang membatalkan shalat adalah sebagai berikut : 

BACA JUGA:

1. Batalnya wudhu 

salah satu syarat untuk melaksanakan shalat adalah suci dari hadast dan najis. Berwudhu adalah kegiatan membersihkan diri dari hadast dan najis. Setelah berwudhu maka kita akan bersih dan shalat kita akan menjadi sah. 

Jika seseorang kehilangan wudhu (misalnya, karena kentut, buang air kecil, buang air besar, keluar angin, atau tidur yang lelap), maka shalatnya batal. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

لا يَقْبَلُ اللَّهُ صَلاةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ 

Latin: "Lā yaqbalullāhu ṣalāta aḥadikum idzā aḥdatsa ḥattā yatawaddha’." 

"Allah tidak akan menerima shalat salah seorang di antara kalian jika ia berhadats sampai ia berwudhu." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Apabila anda tidak sengaja membatalkan wudhu, maka berwudhulah lagi dan kemudian mengulang shalat. 

2. Berbicara 

Ketika melaksanakan shalat. kita harus fokus dan khusyu supaya shalat kita sempurna. Berbicara ketika shalat membuat shalat kita batal. 

Kategori :