Penipuan Canggih Lewat Telepon dan Gmail, Waspada Rekening Ludes!

Selasa 15-10-2024,13:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Radarpena.co.id,Jakarta - Kasus penipuan phising semakin canggih dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Pelaku kini memanfaatkan AI untuk membuat panggilan telepon yang terdengar sangat meyakinkan, membuat banyak korban lengah dan kehilangan uang dari rekening mereka. Bagaimana modus penipuan canggih lewat telepon dan Gmail ini dilakukan? Simak selengkapnya.

Kronologi Modus Penipuan Canggih Lewat Telepon dan Gmail

Sam Mitrovic, Konsultan Solusi Microsoft, baru-baru ini mengalami sendiri modus penipuan canggih lewat telepon dan Gmail. Ia pertama kali menerima notifikasi soal pemulihan akun Gmail, namun ia menolaknya. Tak lama kemudian, 40 menit setelahnya, ia menerima panggilan dari nomor yang diklaim berasal dari Google Sydney, tetapi panggilan itu diabaikan.

Seminggu kemudian, notifikasi yang sama muncul lagi, diikuti dengan panggilan telepon 40 menit setelahnya. Kali ini, Mitrovic mengangkat panggilan tersebut, dan seseorang yang mengaku sebagai petugas Google Support dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa akun Gmail-nya menunjukkan aktivitas mencurigakan. Orang tersebut mengklaim bahwa selama seminggu terakhir, penyerang telah mengakses dan mengunduh data dari akunnya.

BACA JUGA:Update Kode Redeem Zenles Zone Zero Oktober 2024, Klaim Polychrome hingga Master Tape Gratis!

Setelah percakapan berlanjut, Mitrovic menyadari bahwa suara di telepon bukanlah manusia, melainkan AI yang sangat canggih. "Penipuan ini terasa sangat nyata dan dapat menipu banyak orang, terutama jika mereka tidak waspada," ujar Mitrovic, dikutip dari Tom s Guide 14 Oktober 2024.

Penipuan melalui telepon dan Gmail ini dirancang untuk menimbulkan rasa urgensi pada korban. Pelaku berusaha menciptakan kecemasan agar korban segera mengikuti instruksi yang diberikan tanpa berpikir panjang. Biasanya, korban diminta untuk memberikan informasi sensitif yang dapat digunakan pelaku untuk mengakses rekening bank atau akun digital lainnya.

BACA JUGA:Konsep Baru HUAWEI Experience Store Mall Taman Anggrek, Jadi Destinasi Lengkap Konsumen untuk Berbelanja

 

Cara Terhindar dari Penipuan Kuras Rekening

Agar tidak menjadi korban modus penipuan lewat telepon, ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan:

Jangan terburu-buru memeriksa atau merespon pesan yang masuk. Penipu sering kali mencoba menciptakan kesan darurat agar kamu panik dan segera bertindak.

Selalu cek alamat email atau informasi yang masuk. Pastikan sumbernya benar-benar terpercaya sebelum mengambil tindakan.

Gunakan software antivirus terbaik untuk melindungi perangkatmu. Antivirus bisa membantu memblokir malware atau virus yang mungkin terkandung dalam email phishing.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Link Donwload Game Horror Terbaru Oktober 2024 di Playstore, Berani Uji Nyali?

Kategori :