Omar Mukhtar: Pahlawan Nasional Libya Yang Memimpin Pemberontakan Melawan Kolonial Italia

Senin 14-10-2024,15:30 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

BACA JUGA:

Ia membakar desa-desa dan juga menculik para penduduk desa untuk dijadikan sandera. Para penduduk desa yang diculik akan dimasukan ke kamp yang dimana kamp ini dikelilingi pagar berduri untuk mencegah mereka kabur. Hal ini dilakukan untuk memancing keluar para pemberontak. 

Jendral Graziani juga tidak segan mengeksekusi para tahanan yang diduga merupakan pemberontak atau pendukung Omar Mukhtar.

Ia tidak peduli apakah mereka itu tua atau muda, pria atau wanita, orang orang yang diduga memberontak akan segera dieksekusi oleh Graziani. Selama 20 tahun, Italia gagal menangkap Omar Mukhtar. Hal ini membuat Mussolini semakin kesal.

Ia akhirnya memerintahkan Graziani untuk mengeluarkan senjata andalannya yaitu gas beracun. Gas beracun yang digunakan Italia terbukti sangat efektif untuk memberantas para pemberontak. Dengan cepat para pemberontak yang bersembunyi langsung meninggal menghirup gas beracun. 

Omar Mukhtar akhirnya kalah. Pada tahun 1931 ia akhirnya ditangkap oleh pemerintah Italia. Ia kemudian dibawa kepengadilan dan pengadilan Italia menjatuhkanya hukuman mati dikarenakan ia telah memberontak kepada pemerintah Italia selama 20 tahun. 

Omar Mukhtar dieksekusi pada 16 September 1931. Ia meninggal pada umur 70 tahun dengan hukuman gantung. Omar Mukhtar sekarang telah menjadi pahlawan nasional di Libya. Ia dikenal sebagai Singa Padang Pasir (The Lion of The Desert). Dibuatlah patung Omar Mukhtar untuk mengenang jasanya. 

Selain itu kisah kepahlawanan Omar Mukhtar telah dibuat menjadi film yang berjudul The Lion of The Desert (1981). Film ini disutradarai oleh Moustapha Akkad dan dibintangi oleh Anthony Quinn. Film ini dibuat untuk mengisahkan kisah kepahlawanan Omar Mukhtar. 

(Mikail Mohammad Imam Muda) 

Kategori :