Joel Matip Mantan Bek Liverpool Putuskan Gantung Sepatu di Usia 33 Tahun

Sabtu 12-10-2024,13:49 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kabar terbaru dari Liverpool, bek tangguh The Reds Joel Matip memutuskan untuk pensiun dari sepakbola.

Joel Matip telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional.

Menurut laporan dari Ruhr Nachrichten, keputusan tersebut diambil dengan cara yang tidak biasa, selaras dengan kepribadian Matip selama delapan tahun masa jabatannya di Anfield, di mana ia mendapatkan tempat penting di lini pertahanan klub.

Mengakhiri karirnya dengan catatan yang kurang ideal, bek berusia 33 tahun itu terpaksa absen sebagian besar musim 2023 karena cedera serius.

Kemunduran ini membuat dia melewatkan perpisahan emosional dengan Jurgen Klopp pada Mei 2024, menandai momen pedih dalam sejarah Liverpool. Seperti yang dilaporkan Ruhr Nachrichten, keluarnya Matip tidak terlalu disepelekan — alih-alih mengucapkan selamat tinggal, ia hanya memberi tahu pencari bakat dari Hamburg bahwa ia "bukan lagi seorang pemain".

Jurnalis pakar sepakbola, Fabrizio Romano juga mengungkapkan bahwa informasi akurat soal Joel Matip pada 11 Oktober 2024.

BACA JUGA:Gagal Reuni dengan Messi, Andres Iniesta Putuskan Gantung Sepatu di Usia 40 Tahun

BACA JUGA:Raphael Varane Putuskan Gantung Sepatu Gegara Cedera Bertubi-tubi, Begini Kata Cesc Fabregas

Dalam unggahan Fabrizio Romano yang mengungkap bahwa keputusan untuk pensiun datang usai ia meninggalkan Anfield tanpa terikat kontrak dengan klub lainnya.

Joel Matip yang mengalami cedera ACL parah yang ia derita di akhir tahun 2023 membuatnya absen dari hampir seluruh sisa musim. 

Keputusan ini nampaknya berasal dari pilihan pribadi dan bukan karena terpaksa karena semakin berkurangnya peluang. Meskipun ada minat dari klub-klub yang ingin membujuknya kembali beraksi, Matip memilih untuk pensiun tanpa konferensi pers atau pamer.

Sebuah anekdot penting melibatkan pencari bakat Hamburg untuk berdiskusi tentang kemungkinan transfer, hanya untuk menerima pemberitahuan langsung dari Matip tentang pengunduran dirinya, dan menganggap masalah tersebut hanya sebagai catatan kaki dalam perjalanannya.

Jeol Matip memulai debut profesional bersama Schalke 04 pada tahun 2009 di mana ia bermain dalam 258 pertandingan dan mencetak 23 gol. 

Tak hanya itu, pemain 33 tahun tersebut juga sukses membawa Schalke meraih DFB-Pokal dan DFL-Supercup pada 2011 lalu.

Lalu pada 2016 lalu, Joel Matip pindah ke Liverpool dengan status bebas transfer dan jadi bek andalan Jurgen Klopp.

Kategori :