Hebat! Siswi SMAN 2 Payakumbuh Ini Olah Lele dan Labu Jadi Produk Makanan Pencegah Stunting

Kamis 10-10-2024,19:03 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID – Hebat dan patut diacungi jempol. Siswi SMAN 2 Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar) mampu mengolah ikan Lele dan Labu menjadi produk makanan pencegah stunting atau kekerdilan.

Siswi SMAN 2 Payakumbuh itu diketahui bernama Ihsani Salsa Widri. Karenanya dia dinobatkan sebagai Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2024.

Ihsani Salsa Widri dinilai para juri mampu mengembangkan produk makanan penuh gizi dengan bahan dasar buah labu dan ikan lele.

Ihsani mengemas ide kreatifnya dalam inovasi produk mie berbahan dasar buah labu dan dikombinasikan dengan abon lele yang penuh dengan gizi serta tidak menggunakan bahan pengawet.

Karya inovasi ini, selaras dengan program global Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Zero Hunger.

BACA JUGA:

Dirinya ditetapkan siswa terbaik pada ajang lomba tahunan untuk siswa tingkat SMA/sederajat yang diselenggarakan PT AHM. 

AHM Best Student merupakan ajang adu gagasan inovasi dan kreativitas remaja berprestasi dengan topik utama kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan bangsa. 

Selain Ihsani, AHM Best Student yang tahun ini mengusung tema “Muda Berkarya Majukan Bangsa” juga menetapkan Habibi Saqli Azmy yang berasal dari SMA Unggul CT Foundation, Sumatera Utara sebagai pemenang kedua dengan karya “EcoZap: Semir Serbaguna dari Limbah Dedaunan”.

Sementara, peserta dari SMA Negeri 1 Purbolinggo, Lampung yakni Isfi Aliya Dzikra berhasil menjadi pemenang ketiga dengan karya “Pengolahan MANTAN (Manukans’ Natural Desinfectant)” yang bermanfaat bagi kesehatan hewan ternak.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk karya inovasi saya. AHM Best Student menjadi ajang yang tepat bagi para pelajar untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa melalui sebuah kreativitas anak muda. Saya berharap hasil karya saya ini dapat bermanfaat dan terus akan saya kembangkan untuk mendapatkan hasil yang kian maksimal” ujar Ihsani Salsa Widri di Hotel Sunlake Waterfront Resort & Convention pada Rabu, 9 Oktober 2024.

BACA JUGA:

Para pemenang ini mengalahkan 1.771 karya siswa SLTA dari 34 provinsi di seleksi regional yang kemudian berkompetisi dg 26 finalis di tingkat nasional.

Penjurian AHM Best Student 2024 tingkat nasional dilakukan oleh para profesional yang berasal dari beragam Lembaga yakni Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Wilayah DKI Jakarta, PT Astra International Tbk dan PPM School of Management. 

Penilaian dilakukan dengan mengacu pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident.

Kategori :