Manfaat dan Tips Puasa Daud untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Rabu 02-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Puasa adalah ibadah sunnah yang apabila tidak wajib dikerjakan tetapi apabila dikerjakan maka akan mendapatkan berkah.

Dalam islam tujuan utama dari berpuasa bukanlah sekedar menahan makan dan minum saja akan tetapi puasa juga penting untuk menjaga diri kita dari nafsu dan dapat menghindarkan kita dari godaan setan.

Salah satu puasa sunnah yang paling baik untuk dilakukan adalah puasa Daud. Puasa Daud adalah puasa yang paling dicintai oleh Allah SWT. Hal ini tertulis dalam. (HR. Bukhari no. 3420 and Muslim no. 1159)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

«إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ، وَأَحَبَّ الصَّلَاةِ إِلَى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَيَقُومُ ثُلُثَهُ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا»

‘An ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, qal: Qaala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Inna ahabba ash-shiyaami ilallahi shiyaamu Daawuuda, wa ahabba ash-shalaati ilallahi shalaatu Daawuuda, kaana yanaamu nisfa al-layli, wa yaquumu thuluthahu, wa yanaamu sudusahu, wa yashuumu yawman wa yuftiru yawman”

BACA JUGA:Manfaat Puasa Pagi untuk Kesehatan: Tingkatkan Sensitivitas Insulin dan Detoksifikasi Tubuh

BACA JUGA:Kejar Pahala Berlipat Ganda dengan Puasa Ayyamul Bidh, Catat Tanggalnya di September 2024!

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu 'anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat Daud. Ia tidur separuh malam, kemudian bangun sepertiganya, dan tidur lagi seperenamnya, serta ia berpuasa sehari dan berbuka sehari."

Hadis ini menunjukkan keutamaan puasa Daud yang dilakukan secara bergantian setiap dua hari sekali, yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak.

Puasa Daud melibatkan puasa selama satu hari dan kemudian makan di hari berikutnya. Metode ini menciptakan pola yang konsisten dan seimbang sambil memberikan jeda di antaranya yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.

Ini adalah praktik kuno yang menekankan ritme berpantang dan berpesta, mempromosikan disiplin dan perhatian terhadap konsumsi makanan. Banyak umat Muslim mengenalnya sebagai pendekatan yang sangat disukai untuk berpuasa.

Manfaat Puasa Daud Untuk Tubuh

Meskipun puasa Daud memiliki makna spiritual, puasa ini juga memiliki manfaat fisik yang luar biasa. Berikut ini dilansir dari www.healthline.com beberapa manfaat utamanya:

- Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Kategori :