Model Soal TIU CPNS 2024 yang Pasti Keluar saat Tes SKD, Catat Contoh Soal dan Kunci Jawabannya

Rabu 18-09-2024,09:25 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan salah satu bagian penting dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Soal-soal TIU dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir logis, analitis, dan kemampuan verbal serta numerik. 

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi SKD CPNS 2024, berikut ini jenis-jenis soal TIU yang perlu Anda ketahui dan juga kami sajikan beberapa model soal TIU yang sering muncul beserta contoh soal dan kunci jawabannya.

Jenis-Jenis Soal TIU yang Sering Muncul

Soal TIU pada umumnya mencakup beberapa jenis, antara lain:

  • Penalaran Logis: Meliputi soal silogisme, analisa kasus, dan deret logika. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam menarik kesimpulan dari suatu premis.
  • Penalaran Analitis: Meliputi soal analogi, sebab akibat, dan pengelompokan. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam membandingkan, mengklasifikasikan, dan menemukan hubungan antara konsep-konsep.
  • Kemampuan Verbal: Meliputi soal sinonim, antonim, dan pemahaman bacaan. Soal ini mengukur penguasaan Anda terhadap kosakata dan kemampuan memahami teks.
  • Kemampuan Numerik: Meliputi soal aritmatika, aljabar, dan geometri. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam menghitung dan menyelesaikan masalah matematika.

BACA JUGA:

Contoh Soal TIU dan Kunci Jawaban 

1. Siswa yang tidak dapat berenang adalah siswa SMP A. SMA B adalah sekolah yang memiliki atlet renang remaja. Kesimpulan dari kedua premis di atas adalah ...

A. Semua siswa yang tidak dapat berenang adalah atlet renang 

B. Sebagian siswa SMA B tidak dapat berenang 

C. Tidak ada siswa SMP A yang menjadi atlet renang remaja 

D. Sebagian siswa SMP A adalah siswa SMA B 

E. Tidak ada siswa SMA B yang tidak dapat berenang 

Jawaban: C

2. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan data nilai pelajaran Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi siswa kelas 12 di SMA Harapan Bangsa dalam seleksi Olimpiade Nasional: 

 

Kategori :