Viral X: IPhone 16 Rilis dengan 4 Varian, Ponsel Flagship Terbaru Unggulan Apple

Selasa 10-09-2024,11:18 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Apple resmi merilis jajaran seri terbaru ponsel flagship mereka, iPhone 16 yang hadir dengan sejumlah pembaruan. Simak spesifikasi lengkapnya.

Peluncuran seri terbaru ini diumumkan oleh CEO Apple Tim Cook dan timnya dalam event 'It's Glowtime' yang digelar dari markas mereka di Cupertino, California, AS, Senin 9 September 2024.

"iPhone generasi berikutnya dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal. Ini menandai dimulainya era baru yang menarik," ujar Cook saat peluncuran produk.

Ponsel ini hadir dengan empat varian, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Berikut spesifikasi dari keempat varian tersebut:

BACA JUGA:iPhone SE 4 Segera Meluncur, Cek Spesifikasi dan Harganya yang Terjangkau

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan chipset terbaru, A18, yang dirancang untuk mengusung Apple Intelligence. Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan Neural Engine 16-core terbaru.

Apple mengklaim chip A18 ini dapat "menghasilkan lompatan besar dalam hal performa dan efisiensi", serta peningkatan dari segi daya tahan baterai.

iPhone 16 hadir dengan layar OLED display berukuran 6,1 inch. Layarnya punya resolusi 2556 x 1179 pixel dengan 460 pixel per inch (ppi). Sementara, iPhone 16 Plus hadir dengan layar yang lebih besar, yakni 6,7 inch.

BACA JUGA:Viral ChatGPT Roasting Instagram Feed, Begini Langkah-langkahnya

Kedua layar ini mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR, dan memiliki lapisan pelindung oleophobic serta kaca keramik tahan gores. Tingkat kecerahan maksimalnya 2.000 nits.

Posisi kamera pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mengalami perubahan. Sebelumnya, pada iPhone 15 kamera belakang tersusun secara diagonal, tapi kini menjadi vertikal.

Kedua ponsel dilengkapi dengan kamera belakang ganda, dengan kamera utama 48 MP yang memiliki teknologi Sensor-shift OIS, sementara kamera kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP.

BACA JUGA:HP Lipat 3 Mate XT Ultimate Design Segera Dipasarkan, Cek Harga dan Speksnya di Sini

Mengutip dari Apple Newsroom, kamera Fusion 48 MP memungkinkan opsi Telefoto 2x kualitas optik. Sementara, kamera Ultra Wide 12 MP baru memungkinkan fotografi makro hingga menangkap cahaya 2,6x lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.

Desain kedua varian ini tetap elegan dengan bahan kaca di bagian belakang dan bingkai alumunium. Kedua varian juga sudah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu.

Kategori :