Pangeran Hisahito Resmi Menjadi Anggota Kekaisaran Jepang Pertama yang Mencapai Usia 18 Tahun

Minggu 08-09-2024,21:33 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sejarah besar untuk keluarga kerajaan Jepang, Pangeran Hisahito genap berusia 18 tahun pada Jumat, dirinya menjadi anggota keluarga kerajaan pria pertama yang mencapai usia dewasa selama hampir empat dekade. 

Ini merupakan perkembangan yang signifikan bagi keluarga yang telah memerintah selama lebih dari satu milenium tetapi menghadapi masalah eksistensial yang sama seperti seluruh negara populasi yang menua dengan cepat dan menyusut.

Hisahito, merupakan keponakan Kaisar Jepang Naruhito. Ayahnya, Putra Mahkota Akishino yang merupakan orang terakhir menjadi kaisar Jepang, pada tahun 1985. Hisahito adalah yang termuda dari 17 anggota keluarga kekaisaran yang semuanya dewasa, yang saat ini hanya beranggotakan empat pria.

Statusnya sebagai pewaris terakhir menimbulkan masalah besar bagi sistem yang tidak mengizinkan adanya permaisuri. Pemerintah Jepang sedang berdebat tentang cara menjaga suksesi tetap stabil tanpa bergantung pada wanita.

BACA JUGA:

Sebagai Informasi, undang-Undang Rumah Kekaisaran tahun 1947, hanya mengizinkan seorang laki-laki untuk naik takhta dan memaksa anggota kerajaan perempuan yang menikahi rakyat jelata kehilangan status kerajaan mereka.

Sepupunya yang lebih tua, Putri Aiko, anak tunggal Naruhito dan istrinya Masako, seorang mantan diplomat lulusan Harvard, adalah favorit masyarakat umum sebagai calon permaisuri.

Namun undang-undang yang ada melarang Masako mengambil alih peran tersebut meskipun ia berasal dari garis keturunan langsung. Usulan sebelumnya untuk mengizinkan adanya permaisuri setelah kelahiran Aiko ditangguhkan segera setelah Hisahito lahir pada tahun 2006.

“Saat ini saya ingin menghargai sisa waktu saya di sekolah menengah,” ujar Hisahito dalam sebuah pernyataan.

Dia telah lama tertarik pada serangga dan bahkan ikut menulis makalah akademis tentang survei capung di lahan perkebunan Akasaka miliknya di Tokyo.

Kategori :