Lelah Dengan Sakit Kepala, Migrain dan Vertigo? Coba Obati dengan Herbal Ini

Kamis 05-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Dimas Satriyo

Tips Tambahan

Ada beberapa cara yang aman dan dapat dilakukan dengan mudah, tetapi sebenarnya ampuh untuk mengatasi sakit kepala.

BACA JUGA:

Meski kesannya sederhana, berbagai cara menghilangkan sakit kepala berikut ini sudah terbukti efektif dan dapat dijelaskan secara medis:

  1. Tidur dengan cukup:  Anda dianjurkan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam. Tidur yang cukup tidak hanya mengurangi sakit kepala, tetapi juga mencegah timbulnya keluhan yang berulang.
  2. Banyak Konsumsi air putih:  Kekurangan cairan atau  dehidrasi  bisa menimbulkan sekaligus memperparah sakit kepala. Cara menghilangkan sakit kepala akibat sebab ini tentunya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan, salah satunya dari minum air putih.
  3. Kompres air hangat atau dingin:  Kompres hangat mampu mengendurkan otot yang tegang sehingga mengurangi ketegangan di kepala yang memicu sakit kepala, sedangkan kompres dingin memberikan efek kebas yang bisa meredam rasa nyeri.
  4. Terapi pijat ringan:  Pijatan lembut di bagian kepala yang sakit selama beberapa menit juga efektif meredakan sakit kepala. Cara ini dapat meringankan ketegangan otot sekaligus meningkatkan sirkulasi darah, sehingga nyeri kepala berkurang.
  5. Hirup aromaterapi: Sebagian orang merasa sakit kepalanya mereda saat menghirup uap   aromaterapi . Ini karena aroma dari beberapa minyak esensial bersifat menenangkan, sehingga mungkin membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa sakit di tubuh.
  6. Peregangan: 
  7. Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang akibat stres. Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan peregangan yang fokus pada otot leher dan pundak.  Iringi juga cara menghilangkan sakit kepala tersebut dengan latihan pernapasan untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Kategori :