Batal Mintai Klarifikasi Kaesang Pangarep Soal Jet Pribadi, Ini Penjelasan KPK

Rabu 04-09-2024,20:05 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal untuk meminta klarifikasi kepada Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep soal jet pribadi yang viral di media sosial.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengungkap alasan mengapa permintaan klarifikasi dibatalkan.

"Sama sekali tidak ada tekanan rekan-rekan sekalian, bahwa KPK berharap saudara K ini melakukan klarifikasi sendiri itu dari awal sudah disampaikan oleh pimpinan atau Pak AM (Alexander Marwata) dalam hal ini, sebenarnya ini juga agar isu ini tidak melebar ke mana-mana," katanya pada Rabu, 4 September 2024. 

Saat ini, Tessa menjelaskan bahwa fokus dari Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) yaitu penelaahan atas laporan yang dilayangkan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun. 

BACA JUGA:

"Per hari ini setelah ada update dari Direktorat PLPM kepada pimpinan, tindak selanjutnya terkait isu gratifikasi itu sudah difokuskan pada penelaahan pada Direktorat PLPM jadi tidak difokuskan lagi pada Direktorat Gratifiaksi," jelasnya. 

"Isunya masih sama bahwa laporan ktu terkait gratifikasi, kenapa difokuskan ke sana? Karena jangkauannya lebih jauh lagi dilakukan pleh PLPM terkait kewenangannya," lanjutnya. 

Namun, kata Tessa walaupun Direktorat Gratifikasi batal mengundang Kaesang, Direktorat Gratifikasi juga tidak berhenti dan akan terus mensupport data kepada Direktorat PLPM.(ayu novita)

 

Kategori :