Paus Fransiskus Sapa Prabowo: 'Salam Hangat kepada Presiden Terpilih!'

Rabu 04-09-2024,14:45 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat turut disapa oleh Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan saat kunjungan Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 4 September 2024.

“Saya mengucapkan salam hangat kepada Presiden terpilih (Prabowo) untuk masa tugas pelayanan Anda yang membawa buah untuk Indonesia sebuah negara kepulauan yang luas yang terdiri dari ribuan dan ribuan pulau yang dikelilingi laut yang menghubungkan Asia ke Oesania,” sapa Paus Fransiskus saat berbicara di Istana.

Sapaan Paus Fransiskus ke Prabowo itu kemudian disambut Prabowo dengan mengangguk dan tersenyum dari tempat duduknya.

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus mengatakan dirinya kagum dengan makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. 

BACA JUGA:27 Ketua Kadin Daerah Sambut Peluang Bisnis di-Era Kepemimpinan Prabowo-Gibran

“Semboyan negara Anda, Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keberagaman secara harfiah berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua mengungkapkan realitas beraneka sisi dari berbagai orang yang disatukan dengan teguh dalam satu bangsa,” ujar Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus juga menekankan soal toleransi keberagaman yang ada di Indonesia di mana semua umat dapat selaras hidup harmoni secara berdampingan untuk meningkatkan solidaritas keberagaman yang ada.

“Solidaritas dan upaya mencapai perdamaian baik di dalam masyarakat maupun dengan bangsa-bangsa serta negara-negara lain. Untuk memperkuat kerukunan yang damai dan berbuah yang menjamin perdamaian dan menyatukan upaya-upaya untuk menghapus ketimpangan dan penderitaan di berbagai wilayah negara,” ujar Paus Fransiskus.

BACA JUGA:Dedie A Rachim dan Jenal Muttaqin Resmi Daftar Ke KPU, Pilih Kenakan Pakaian Mirip Prabowo-Gibran

Sebelumnya, kedatangan Paus Fransiskus ke Istana Merdeka pagi ini disambut meriah oleh anak-anak sekolah yang menggunakan beragam pakaian adat Indonesia.

Penyambutan kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus juga disambut parade jajar kehormatan yang diiringi musik Marching Band. Adapun, tema kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus kali ini yakni berkenaan dengan ‘Iman Persaudaraan dan Bela Negara.’

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga memperkenalkan kali pertama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga sebagai Presiden terpilih ke-8 ke Paus Fransiskus.

BACA JUGA:Prabowo Tak Hadiri Muktamar VI PKB karena Masuk Angin, Begini Komentar Muhaimin Iskandar

Kategori :