Viral! Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024, Warganet Keluhkan Website E-Materai Error dan Stok Habis

Rabu 04-09-2024,14:26 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beberapa situs penjual e-materai resmi untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, termasuk yang dikelola oleh Peruri, mengalami gangguan menjadi trending topik di salah satu platform media sosial. 

Pada pagi hari ini 4 September 2024, sejumlah server resmi yang menjual e-materai Peruri untuk CPNS 2024 masih belum bisa diakses. Bahkan, ada situs yang tutup dan nge-block semua pengunjung karena server yang down.

Ditengarai, server situs penjual e-materi down akibat lonjakan pengunjung yang ingin melakukan pembelian e-meterai untuk keperluan pendaftaran CPNS 2024.

Para pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali mengungkapkan keluhan terkait menjelang penutupan pendaftaran. Banyak pelamar yang mengalami masalah setelah membeli e-materai, namun tidak mendapatkan barang yang dibayar.

Keluhan ini ramai disampaikan melalui media sosial X (Twitter). Mereka mengeluhkan telah membeli e-materai untuk melengkapi dokumen pendaftaran CPNS, tetapi tidak menerima materai elektronik yang dibeli.

BACA JUGA:

Saldo mereka terpotong, pembayaran dikonfirmasi berhasil, namun e-materai yang diinginkan tidak kunjung tersedia.

"Halo @PeruriDigital, saya sudah membeli e-meterai di meterai elektronik dan pembayaran sudah berhasil dilakukan, di web statusnya gagal karna waktu pembayaran habis. Jadi gimana e-meterainya sama saldo yang udah di transfer @peruri_id?," tulis salah satu seorang pelamar CPNS yang dikutip pada Rabu, 4 September 2024.

Sebagai informasi waktu pendaftaran CPNS 2024 tinggal tiga hari lagi sebelum penutupan. Tak heran kondisi ini yang membuat pelamar semakin terdesak. Mereka khawatir tidak bisa mendaftar menjadi abdi negara tahun ini akibat masalah ini.

Hingga saat ini, pihak Peruri belum memberikan klarifikasi terkait masalah kuota e-materai yang tidak tersedia. Keluhan juga menyasar kesiapan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Peruri, mengingat masalah ini sering terjadi setiap kali ada seleksi CPNS.

Para pendaftar CPNS diimbau untuk terus mencoba kembali dalam beberapa waktu ke depan. Ditengarai, kepadatan dan server down itu terjadi karena para pelamar mendaftar saat sudah mendekati batas akhir pendaftaran.

BACA JUGA:

Sehinga, masalah teknis seperti server e-meterai down akhirnya mengganggu kelancaran proses pendaftaran. BKN juga berharap agar hal ini tidak menjadi kendala bagi pelamar yang akan menyelesaikan pendaftaran yang tinggal 3 hari lagi.

"Mohon perhatiannya, jangan sampai jadi kendala pelamar menyelesaikan pendaftaran jelang 3 hari penutupan," lanjut @bkngoidofficial.

Beberapa alternatif lain juga diminta untuk diinfokan kepada pelamar CPNS 2024 ketika e-Meterai dari Peruri tidak dapat diakses. Sementara itu pihak Peruri justru menyampaikan adanya refund dana pembelian e-Meterai.

Kategori :