Yakin Pilih Suami Karakter Jepang? Pahami Dulu Kultur dan Etos Kerja Kerasnya

Senin 02-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Di AS, cinta seorang suami kepada keluarganya diukur dari jumlah waktu yang dihabiskannya bersama mereka. Para ayah diharapkan untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka di malam hari, dan makan malam bersama keluarga sebanyak mungkin. Para suami diharapkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga (dengan begitu banyak pasangan yang memiliki dua penghasilan, ini penting untuk menjaga rumah tangga tetap berjalan). Menurut salah satu jajak pendapat publik, hal yang paling diinginkan wanita Amerika dari pernikahan mereka adalah persahabatan – yang dapat dianggap sebagai waktu yang dihabiskan bersama.

5. Tekanan teman sebaya

Ada juga beberapa kemungkinan alasan yang lebih gelap mengapa suami Jepang bekerja berjam-jam. Di lingkungan Jepang tampaknya ada beberapa unsur tekanan dari teman sebaya, karena jika tukang gosip melihat seseorang pulang lebih awal, orang-orang akan mulai berpikir bahwa dia tidak berhasil dalam pekerjaannya. Beberapa pria Jepang yang tidak yakin bagaimana cara berhubungan dengan keluarga mereka cenderung tinggal di kantor lebih lama, karena di lingkungan itu mereka lebih yakin tentang bagaimana cara bertindak. Dan beberapa wanita Jepang mungkin lebih suka jika suami mereka tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di sekitar rumah untuk mengganggu – ada pepatah lama di Jepang yang mengatakan bahwa suami terbaik adalah yang sehat dan tidak terlalu sering bergaul.

BACA JUGA:Skandal Penipuan Otomotif Mengguncang Industri Jepang, Waspada Manipulasi Data!

Bisakah keadaan berubah?

Beberapa masalah sosial terkini di Jepang yang melibatkan anak muda yang terasing dan suka melakukan kekerasan menyebabkan sebagian orang Jepang mempertanyakan kebijaksanaan para ayah yang hanya menghabiskan sedikit waktu dengan anak-anak mereka. Dan angka kelahiran yang menurun dengan cepat di Jepang menunjukkan bahwa sebagian wanita Jepang mungkin tidak senang dengan prospek membesarkan anak-anak dengan seorang ayah yang hanya ada di rumah pada akhir pekan.

Kategori :