Siap-siap, Ribuan Driver Ojol Akan Demo Besok dan Matikan Orderan Online, Apa Penyebabnya?

Rabu 28-08-2024,14:54 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ribuan pengemudi ojek online (ojol) akan berhenti beroperasi sementara pada Kamis, 29 Agustus 2024 besok. Aksi mogok kerja ini sebagai bagian dari demo ojol yang bakal digelar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat.  

Besok, para driver ojek hingga kurir online mendesak pemerintah merevisi Perkemenkominfo Nomor 1 Tahun 2012 tentang Layanan Pos Komersil untuk Mitra Ojek Online dan Kurir Online di Indonesia.

Para ojol akan meminta pemerintah mengevaluasi kerja sama aplikator yang mengandung unsur ketidakadilan dengan pengemudi ojek online dan kurir online di Indonesia. Pemerintah juga diminta mendukung program layanan tarif hemat, dan penyeragaman layanan tarif seluruh aplikator terhadap mitra ojek maupun kurir online.

Driver ojek online menuntut penyesuaian tarif yang dinilai tidak adil antara aplikator dengan mitra pengemudi ojek online. Koalisi Ojek Nasional menyerukan seluruh driver ojek hingga kurir online melakukan aksi unjuk rasa dan menghentikan aktivitas pengantaran kepada konsumen.

BACA JUGA:

Driver Ojek Online sejabodetabek dan se-Indonesia juga mengabarkan pesanan konsumen tidak akan diterima dalam bentuk apapun (Food, Ride, dan Paket) pada tanggal 29 Agustus 2024.

Hal itu dikarenakan akan diadakannya aksi demo terkait ketidakadilan antara aplikator dengan para pengemudi. Sehingga pada 29 Agustus semua pengemudi online tidak akan mengambil orderan dalam bentuk apapun. Baik itu food, ride serta paket. 

Demo tersebut akan dilakukan oleh semua aplikasi online seperti Grab, Gojek, Maxim, Lalamove serta Shopee.  Berikut pemberitahuan yang repost oleh para pengemudi online. 

"PERHATIAN

Yth. Seluruh Customer online tercinta se Jabodetabek dan se Indonesia

Dikarenakan akan diadakan Aksi Demontrasi terkait ketidakadilan dalam bisnis Antara Aplikator (GRAB, GOJEK, MAXIM, SHOPEE &LALAMOVE), maka kami atas nama Driver Ojek Online Sejabodetabek dan SeIndonesia tidak akan menerima atau mengambil orderan dalam bentuk apapun (Food, Ride dan Paket) pada tanggal 29 Agustus 2024 sampai jam yang belum bisa ditentukan. 

Diharapkan para customer pengguna jasa ojek online mencari atau menggunakan cara lain untuk memenuhi kebutuhan di hari dan tanggal tersebut di atas. 

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. 

Terima kasih

Presidium 

Kategori :