Tips Masak Nasi Lebih Ramah Gula dari dr Zaidul Akbar: Tambahkan Sedikit Lemak Sehat

Senin 26-08-2024,19:25 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tingginya gula darah sering terjadi setelah mengonsumsi nasi putih atau karbohidrat olahan. 

Hal ini menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit serius lainnya. 

Namun, dr Zaidul Akbar, seorang ahli kesehatan sekaligus pendakwah, memberikan beberapa cara mudah untuk mencegah lonjakan gula darah usai makan nasi putih.

Dikutip dari salah satu video di kanal YouTube miliknya, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk menambahkan lemak sehat ke dalam nasi putih. Menurutnya, mencampurkan lemak ke dalam nasi dapat membantu menstabilkan gula darah setelah makan.

"Bagi yang belum bisa meninggalkan nasi, maka carilah atau tambahkan lemak dalam nasi Anda," ujar dr Zaidul Akbar.

Beberapa lemak sehat yang direkomendasikan antara lain minyak zaitun, minyak kelapa, biji-bijian, dan kelapa parut. Lemak sehat ini dipercaya dapat memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah tidak melonjak drastis.

"Supaya ada lemaknya, jadi ketika karbohidrat bertemu dengan lemak, itu bagus untuk tubuh kita dan nggak menyebabkan gula darah kita melonjak," tambahnya.

Risiko Gula Darah Naik

Dalam postingan di akun Instagram-nya, dr Zaidul Akbar menjelaskan bahwa lonjakan gula darah yang terus menerus dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, autoimun, stroke, dan penyakit jantung.

"Bukan hanya kencing manis ya, darah tinggi, autoimun, stroke, jantung, biasanya nggak jauh-jauh dari masalah naiknya gula darah terus menerus sehingga akhirnya tubuh letih dan mulailah konslet di sana-sini," kata dr Zaidul Akbar.

Ia menggambarkan tubuh manusia sebagai mesin yang bisa mengalami kerusakan jika ada satu bagian yang tidak berfungsi dengan baik. 

Masalah naik turunnya gula darah ini, menurutnya, mirip dengan arus listrik yang tidak stabil dalam mesin, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh.

Darah Tinggi Bukan Hanya Karena Garam

Menariknya, dr Zaidul Akbar juga mengungkapkan bahwa tekanan darah tinggi yang selama ini sering dikaitkan dengan garam, sebenarnya juga bisa dipicu oleh lonjakan gula darah.

"Urusan darah tinggi sekalipun, aslinya bukan hanya urusan garam yang selama ini katanya jadi biang kerok (karena garam refinasi si sebenarnya), padahal urusan naik turunnya gula darah ini malah kontributor utama di penyakit tersebut," jelasnya.

Kategori :