Jalani Ospek, 11 Mahasiswa Baru Undip Keracunan Makanan

Jumat 16-08-2024,17:49 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

SEMARANG, RADARPENA.CO.ID - Sebanyak 11 mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah keracunan makanan.

Mahasiswa baru keracunan makanan saat mengikuti orientasi pengenalan kampus (ospek) pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Sebanyak 11 mahasiswa baru Undip yang mengalami keracunan makanan tersebut langsung dilarikan ke RS Roemani Semarang.

Juru Bicara RS Roemani Muhammadiyah Semarang Sigit Budiarto membenarkan adanya sejumlah mahasiswa Undip yang masuk IGD.

Mahasiswa Undip dilarikan ke RS Roemani mulai pukul 12.00 WIB dan terus bertambah hingga jumlahnya mencapai belasan orang.

BACA JUGA:

Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip Utami Setyowati dalam pernyataan mengatakan membenarkan 11 mahasiswa baru Sekolah Vokasi Undip mengalami gangguan kesehatan, seperti diare karena makanan.

Dia menjelaskan peristiwa tersebut terjadi saat mahasiswa baru Sekolah Vokasi Undip mengikuti kegiatan pengenalan di kampus Undip Pleburan Semarang, Kamis, 15 Agustus 2024.

Menyikapi hal tersebut, kata dia, panitia kegiatan segera bertindak dengan memberikan bantuan membawa 11 orang tersebut ke Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang untuk mendapatkan perawatan.

Dari 11 orang yang dibawa ke RS Roemani, kata dia, 10 orang langsung diperbolehkan pulang, sedangkan satu orang sempat dirawat di instalasi gawat darurat (IGD), namun saat ini sudah di ruang perawatan dengan kondisi sehat.

Terkait dengan penanganan kesehatan mahasiswa baru saat kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB), Sekolah Vokasi Undip, khususnya di Kampus Pleburan telah bekerja sama dengan RS Roemani.

BACA JUGA:

Apabila ada keluhan kesehatan dari mahasiswa baru, kata dia, mahasiswa dapat langsung dibawa panitia ke RS Roemani sehingga dapat ditangani dengan cepat dan baik.

"Semua biaya perawatan baik rawat jalan maupun rawat inap ditanggung oleh Sekolah Vokasi Undip," kata Utami dalam keterangannya, Jumat 16 Agustus 2024.

 

Kategori :