7 Destinasi Wisata di Dekat Ibu Kota Nusantara (IKN), Ada Goa Bersejarah

Jumat 09-08-2024,18:20 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah menetapkan satu wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Negara (IKN). Bahkan rencananya upacara HUT ke-79 RI akan berlangsung di sana.

Dampak dari perpindahan ini memicu semua sektor berkembang pesat di Kaltim termasuk pariwisatanya.

Tamu-tamu bakal sangat banyak berdatangan ke IKN untuk  mengikuti upacara kemerdekaan yang tentu akan berkesempatan pula menikmati destinasi wisata di sekitar IKN

Wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ini, memiliki sejumlah destinasi wisata yang mengelilinginya dan menawarkan sejumlah sejumlah keindahan alam serta budaya dan sejarah yang mengesankan. 

BACA JUGA:

Hal ini disebabkan disekitar IKN masih banyak hutan hujan tropis yang asri dan tetap terjaga.  Hal ini menjadikan tempat-tempat wisata di sekitar IKN sangat banyak jumlahnya serta beragam.

Berikut 7 Destinasi wisata yang ada di sekitaran IKN

1. Hutan Mangrove Mentawir

Kawasan hutan ini, berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kita bisa menempuh Kawasan Hutan Mangrove ini sekitar1 jam perjalanan dari titik nol IKN. Ini adalah sebuah Desa yang  luasnya  2.300 Hektar serta 300 hektar diantaranya adalah ekosistem Mangrove.

Di tempat ini juga ada keindahan alam lain yang bisa dinikmati seperti arung jerang, di Sungai Mentawir, Hutan Hujan Tropis  dan juga Hutan Bambu. 

2. Air Terjun Tembinus

Destinasi wisata di dekat IKN berikutnya ialah Air Terjun Tembinus. Lokasinya juga berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara yang bisa ditempuh sekitar 3 jam.  Menang lokasinya cukup jauh namun keindahan air terjunnya akan lunas membayar semua letih saat menuju ke lokasi. 

BACA JUGA:

3. Gunung Parung

Bagi yang menhobi mendaki , maka Gunung Parung adalah lokasinya yang berada di dekat IKN.  Hal ini karena Gunung Parung juga menawarkan keasrian Hutan yang masih asri dan cocok sekali untuk yang ingin menjelajahi alam bebas. Bahkan dari atas puncak Gunung Parung bisa menyaksikan langsung semua area IKN dan Teluk Balikpapan. Gunung Parung  berada di sebelah Timur laut Pusat IKN Nusantara . 

Kategori :