7 Destinasi Wisata di Dekat Ibu Kota Nusantara (IKN), Ada Goa Bersejarah

Jumat 09-08-2024,18:20 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Gatot Wahyu

4. Goa Tapak Raja

Wisata Goa Tapak Raja  bisa dikunjungi saat sedang berada di IKN. Letaknya di 30 KM dari titik nol IKN (Ibu Kota Negara) dan terletak di Desa Wonosari Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pesisir Utara.

Pertama kali Goa ditemukan tahun 1983 dan rupanya memiliki potensi menjadi destinasi wisata unggul terutama segi edukasi karena sejarahnya.  Juga pesona alam yang unik di kawasan Goa Tapak Raja cocok dikunjungi  para pencinta alam, penjelajah sejarah.

5. Desa Budaya Pampang

Selanjutnya ada juga destinasi wisata dekat IKN yakni Desa Budaya Pampang. Ini merupakan Desa adat Suku Dayak Kenyah dan memiliki seni tradisional tari yang menarik. Kota ini bisa ditempuh dari Kota Samarinda dan cukup mudah aksesnya dan juga dekat dengan Bandara APT Pranoto Samarinda.

BACA JUGA:

Di desa ini pengunjung bisa melihat seni tari seraya melihat indahnya Sungai Pampang yang mengalir. Lokasi Desa Budaya Pampang terletak di Kelurahan Sungai Siring Samarinda Utara Kaltim

6. Pantai Tanah Merah

Jika sedang berada di IKN, jangan lewatkan untuk mengunjungi  tempat wisata Pantai Tanah Merah. Pantai eksotis ini terletak di Tanjung Harapan Kecamatan Samboja Kertanegara.

Pantai ini terkenal dengan Pasir putihnya, dan Pohon Cemara yang tumbuh di sekitar Pantai.  Jarak tempuh menuju ke Pantai ini,  kurang lebih 74 KM  atau sekitar 2 jam dari titik nol IKN Nusantara.

7. Bukit Bengkirai

Bukit Bengkirai adalah  salah satu destinasi wisata IKN yang cukup memukau Tempat wisata ini sangat populer untuk trekking serta menjelajah alamnya. 

Terdapat kawasan Hutan di Bukit Bengkirai  dengan luas mencapai 510 hektar dan tersedia fasilitas seperti  tanaman obat-obatan. 

Di tempat ini kita bisa  melewati jembatan Canopy  sepanjang 64 meter. Lokas Bukit Bengkirai berada di  Kabupaten Kutai Kartanegera dan jarak tempuhnya sekitar 2 jam dari Ibukota IKN Nusantara.

 

Kategori :