8 Minuman yang Bisa Membantu Jaga Kesehatan Mental, Ada Smoothie Buah dan Sayur

Rabu 07-08-2024,09:16 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Putri Indah

Kefir adalah minuman fermentasi yang kaya akan probiotik, yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan usus berhubungan erat dengan kesehatan mental, karena usus dan otak terhubung melalui poros usus-otak. 

Probiotik dalam kefir dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi neurotransmiter yang berperan dalam suasana hati.

5. Susu Kunyit (Golden Milk)

Susu kunyit, atau golden milk, adalah minuman yang dibuat dengan mencampur susu (baik susu sapi atau alternatif nabati) dengan bubuk kunyit, jahe, dan lada hitam. 

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi gejala depresi.

6. Air Kelapa

Air kelapa adalah sumber elektrolit alami seperti magnesium dan kalium, yang penting untuk fungsi otak yang sehat. 

Minuman ini juga membantu menjaga hidrasi tubuh, yang esensial untuk menjaga kinerja otak optimal. Hidrasi yang baik dapat mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan konsentrasi.

7. Jus Buah Delima

Jus buah delima kaya akan antioksidan, terutama punicalagin, yang memiliki efek anti-inflamasi dan neuroprotektif. 

Antioksidan dalam buah delima dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan, yang berkontribusi pada kesehatan mental yang baik.

8. Kakao Hangat

Kakao hangat, terutama yang terbuat dari cokelat hitam murni, mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kakao juga merangsang produksi endorfin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Kesimpulan

Minuman sehat seperti teh hijau, teh chamomile, smoothie buah dan sayur, kefir, susu kunyit, air kelapa, jus buah delima, dan kakao hangat dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan mental. 

Kategori :