Sumber Karbohidrat Alternatif Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Cocok untuk Program Dietmu!

Rabu 31-07-2024,12:02 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Nasi merupakan makanan pokok yang telah menjadi hidangan penting di banyak budaya, termasuk di sebagian besar masyrakat Indonesia. Banyak orang yang bahkan mengaku belum makan jika belum ada nasi di piringnya. 

Masyarakat Indonesia memang tidak bisa lepas dari nasi secara sudah mengenalnya sejak masih anak-anak. Sebenarnya, ada makanan karbohidrat pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi nutrisi harian.

Dalam semangkuk nasi putih atau setara dengan 100 gram, terkandung karbohidrat sebanyak sekitar 28,5 gram. Kalau kamu sedang diet dan ingin mengganti nasi dengan karbohidrat yang lebih sehat, kamu bisa kok mendapatkan karbohidrat yang setara dengan mengonsumsi karbohidrat alternatif pengganti nasi berikut ini:

BACA JUGA:

Shirataki

Kemudian ada shirataki yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet. Mengapa demikian? Sebab sebagian besar komposisi shirataki terdiri dari air, sehingga cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sebagai tambahan, shirataki terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang diperoleh dari akar tanaman konnyaku. Olahan shirataki sendiri umumnya tersedia dalam bentuk kemasan berupa mie ataupun nasi.

Kentang

Kentang digadang-gadang sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang baik untuk orang yang sedang diet. Soalnya, kentang relatif rendah kalori dan minim karbohidrat, yakni hanya 20 gram dalam tiap 100 gramnya. Oleh karena itu, kentang baik dikonsumsi sebagai karbohidrat pengganti nasi bagi yang ingin mengontrol berat badan.

Selain itu, kandungan serat yang terkandung di dalam kentang tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga bisa menekan nafsu makan agar kamu tidak tergoda ngemil berlebihan. Agar lebih sehat, sebaiknya olah kentang dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang dan jangan dikupas kulitnya, ya!

Ubi

Nasi juga bisa diganti dengan ubi. Ada banyak cara untuk mengolah makanan yang satu ini, bisa direbus, dikukus, atau digoreng. Ubi juga bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya. Ada beragam nutrisi dalam ubi, mulai dari beta-karoten, vitamin A, B6, C, kalium, dan serat yang tinggi. Dengan beragam nutrisi tersebut, ubi bisa membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, hingga kesehatan jantung. 

Nasi Beras Coklat

Nasi beras coklat adalah makanan pengganti nasi putih yang disukai oleh banyak orang akibat kandungan magnesiumnya cukup tinggi, di mana hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jantung, dan otak. Perlu diketahui nasi beras coklat termasuk karbohidrat kompleks sehingga cocok dijadikan pilihan menu untuk diet.

Oatmeal

Kategori :