Terlihat Menyehatkan, 7 Sayuran Ini Perlu Dihindari untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Senin 29-07-2024,11:26 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Penderita asam lambung biasanya akan lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan, termasuk sayuran. Biasanya sayuran yang tidak boleh dimakan adalah yang menghasilkan gas di usus. 

Walaupun memiliki segudang nutrisi, sayuran ini justru bisa memperburuk gejala GERD pada penderitanya. Meskipun sering dianggap sehat, namun ternyata tidak semua sayuran cocok dimakan bagi penderita asam lambung. 

Lantas, apa saja sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung? 

Seledri

Sayuran pemicu asam lambung selanjutnya adalah seledri. Sama halnya dengan brokoli, seledri juga termasuk sayuran yang menghasilkan gas dalam perut. Apabila produksi gas di dalam perut berlebihan, maka akan menimbulkan gejala seperti mual dan nyeri. Maka dari itu, apabila Anda memiliki riwayat asam lambung atau sedang kambuh, lebih baik mengurangi atau bahkan menghindari sayuran ini.

BACA JUGA:

Kol

Selain serat, di dalam kol juga terkandung gula rafinosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Saat mencapai usus, rafinosa akan dipecah oleh bakteri baik. Namun, hasil pemecahannya akan menghasilkan karbon dioksida, hidrogen, dan metana. Produksi gas yang berlebihan ini akan menyebabkan munculnya keluhan perut kembung dan sendawa yang bisa memperburuk gejala penyakit asam lambung yang kamu alami.

Sawi putih

Suka banget makan sawi putih, terlebih yang sudah diolah menjadi kimchi? Jika kamu menderita penyakit asam lambung, mulai sekarang kurangi, yuk. Soalnya, sawi putih juga mengandung gula rafinosa yang bisa membuat perutmu kembung. Kalau diolah menjadi kimchi, pH sayur ini jadi lebih rendah, yaitu sekitar 4,1. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa memicu munculnya keluhan dan gejala penyakit asam lambung.

Kembang kol

Sama seperti kol, kembang kol juga mengandung gula rafinosa yang bisa menyebabkan perut kembung dan memperburuk gejala GERD. Kalau tetap ingin mengonsumsi kembang kol, usahakan jangan berlebihan dan dicampurkan dengan sayuran lain yang aman untuk penderita asam lambung, seperti wortel atau selada.

Brokoli

Mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh, membuat brokoli menjadi jenis sayuran yang cukup digandrungi oleh sebagian besar masyarakat. Namun, hati-hati ya kalau kamu menderita penyakit asam lambung. Sebab, sayuran ini juga masuk dalam jenis sayuran sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Hal ini karena kandungan gula rafinosa di dalamnya yang bisa memicu perut kembung. Sebagai tips jika ingin makan brokoli yang aman untuk penderita asam lambung, hindari mengolahnya dengan makanan tinggi lemak, seperti keju atau susu.

Kategori :