Terlihat Menyehatkan, 7 Sayuran Ini Perlu Dihindari untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Senin 29-07-2024,11:26 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

BACA JUGA:

Daun Mint

Daun mint memiliki aroma yang menyegarkan dan bermanfaat untuk melegakan pernapasan. Meskipun begitu, bagi penderita asam lambung sebaiknya membatasi konsumsi daun mint. Mengutip laman Health Grades, rasa dingin dan pedas dari daun mint dapat memicu heartburn pada penderita asam lambung. Hal ini disebabkan oleh zat aktif dalam daun mint yang dapat melemaskan otot sfingter antara lambung dan kerongkongan, memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Daun Bawang

Selanjutnya, daun bawang adalah satu satu sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung, atau lebih tepatnya tidak disarankan dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, daun bawang berisiko meningkatkan produksi asam lambung karena mengandung fruktosa di dalamnya. Namun hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Sayuran memang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa di antaranya bisa memicu gejala penyakit asam lambung atau memperburuk GERD yang kamu alami, sehingga harus dibatasi.

Di samping itu, masih banyak kok sayuran lain yang lebih aman untuk penderita asam lambung, seperti bayam, kangkung, timun, selada, dan seledri. Kamu bisa mengkreasikannya menjadi beragam hidangan lezat, sehingga rasanya tak kalah enak dengan sayuran di atas. Semoga bermanfaat!

Kategori :