Badan Terasa Lemas dan Lesu Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Senin 29-07-2024,06:19 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

BACA JUGA:

Konsumsi kafein berlebih

Jika kamu mengonsumsi kafein terlalu banyak, terutama pada sore dan malam hari, hal ini bisa membuatmu melek saat mau tidur. Minuman yang mengandung kafein, antara lain kopi, teh, dan energy drink. Tak cuma itu, kopi dan teh juga bersifat diuretik sehingga akan membuatmu lebih sering buang air kecil dan dehidrasi. Jadi, kopi dan teh membuat badan lemas dengan dua cara, yaitu mengurangi waktu tidur kamu dan membuatmu kekurangan cairan tubuh.

Inersia tidur

Salah satu alasan mengapa kamu masih merasa lelah saat bangun tidur bisa saja karena inersia. Hal ini terjadi karena, otak membutuhkan waktu untuk memproses secara bertahap transisi dari ketika kamu tidur hingga ‘terjaga’ secara penuh atau fully awaken. Kamu perlu memberikan sekitar 15-60 menit untuk transisi ini.

Tapi, tenang saja kondisi ini bisa dibilang merupakan bagian yang normal dari proses bangun tidur. Beberapa hal yang dapat memicu inersia, bangun tiba-tiba, memasang alarm lebih cepat dari biasanya hingga kerja dengan shift yang mengganggu ritme sirkadian tubuh (siklus bangun-tidur). Agar tidak berkelanjutan, coba perhatikan lagi kebiasaanmu, ya!

Nah itulah, beberapa penyebab mengapa badan terasa lemas dan lesu saat bangun tidur. Semoga membantu!

Kategori :