Kenali Tanda Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi, dengan Ciri-Ciri Seperti Ini

Minggu 21-07-2024,08:52 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada penelitian tentang hubungan antara kecerdasan emosional dan performa kerja, menunjukkan bahwa semakin cerdas emosi seseorang, semakin bagus pula performa pekerjaanya.  

Orang yang cerdas secara emosional, biasanya juga memiliki kecerdasan otak yang mengesankan. Studi menemukan jika orang-orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, memiliki potensi sukses yang lebih besar. Mereka umumnya juga memiliki performa kerja yang mengagumkan. 

Lantas, seperti apa ciri seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi? Dari Harvard University, seorang psikolog bernama Daniel Goleman dalam bukunya berjudul  “Emotional Intelligence: Why it Can Matter More IQ”, mengungkapkan jika ciri utama orang yang cerdas secara emosional memiliki kesadaran diri, kesadaran sosial, manajemen diri dan manajemen hubungan yang baik. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apakah Anda telah memiliki tanda-tanda orang dengan kecerdasan emosional seperti berikut ini.

BACA JUGA:

Open minded

Menerima secara terbuka segala ide, komentar, saran, dan kritik dari orang lain merupakan salah satu ciri dari kecerdasan emosional. Hal itu didasari dari keyakinan mereka bahwa setiap orang memiliki pengalaman dan sudut pandang yang berbeda serta tidak terjebak stereotip.

Adaptif

Sama dengan kemampuan mengontrol emosi, tanda satu ini juga termasuk pada kemampuan manajemen diri. Hal ini menunjukkan kelincahan ketika bertemu perubahan dan ketidakpastian.

Berpandangan positif

Ciri terakhir yang termasuk dalam faktor manajemen diri adalah kepemilikan atas pandangan positif. Kamu dapat melihat hal baik dalam diri seseorang, situasi, dan peristiwa. Hal ini mampu membuatmu membangun ketahanan diri serta melihat peluang dan inovasi.

Berempati

Empati adalah bagian dari faktor kecerdasan emosional terkait kesadaran sosial. Kesadaran sosial menunjukkan ketepatan dalam memahami perasaan orang lain, meski bukan melalui verbal. Para pemimpin yang memiliki kesadaran sosial dapat memahami berbagai jenis orang, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan berkomunikasi secara efektif.

Seseorang yang memiliki empati dapat memberikan perhatian secara penuh pada orang lain dan memberikan waktu untuk memahami apa yang orang lain katakan dan rasakan. Apabila kamu memilikinya, kamu dapat selalu meletakkan perspektifmu pada situasi orang lain, dengan cara yang bermakna.

BACA JUGA:

Kategori :