Heboh Peserta SIMAK UI Kerjakan Tes Pakai AI, Antisipasi UI Pakai Sistem Penilaian Khusus

Rabu 17-07-2024,10:46 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Media sosial X dihebohkan dengan dugaan kecurangan peserta Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI).

Para peserta menemukan celah untuk berbuat curang pada ujian yang dilaksanakan secara online tersebut.

Beberapa unggahan yang melampirkan foto memperlihatkan peserta ujian Simak UI menggunakan studyx.ai.

Untuk diketahui, studyx.ai merupakan situs yang biasa digunakan oleh pelajar untuk bertanya kepada sesama pengguna atau AI mengenai soal.

Menanggapi hal ini, pihak UI mengatakan bahwa isu kecurangan pada SIMAK UI selalu muncul tiap tahunnya.

Oleh karena itu, pihaknya memberlakukan sistem penilaian khusus dengan menggabungkan antara skor UTBK dengan skor SIMAK.

"Di antara beberapa tindakan dan mekanisme antisipatif yang diterapkan adalah penggunaan gabungan skor UTBK dan skor SIMAK (50% skor UTBK dan 50% skor SIMAK) dalam penentuan kelulusan seseorang melalui jalur seleksi mandiri untuk Kelas Reguler," bunyi keterangan tertulis, dikutip dari laman resmi UI, Rabu, 17 Juli 2024.

BACA JUGA:

Selain itu, pihaknya juga memperhatikan kewajaran dan konsistensi skor yang diperoleh masing-masing peserta saat mengikuti kedua jenis tes tersebut.

Tes SIMAK Online juga bukan merupakan satu-satunya ujian yang dilalui peserta pada seleksi mandiri ini.

"Dalam hal seleksi mandiri Kelas Khusus Internasional FKUI, mereka yang dinyatakan lulus Ujian Tulis SIMAK UI, harus mengikuti 2 tes berikutnya, yaitu MMPI dan MMI," tambahnya.

Dengan adanya jenjang tahapan tes ini, peserta dengan skor SIMAK Online tertinggi pun belum tentu lolos seleksi.

Lebih lanjut, pihaknya meminta agar masyarakat melapor apabila menemukan atau mengetahui adanya oknum yang melakukan kecurangan agar dapat ditindaklanjuti.

"Jika memang terbukti melakukan ketidakjujuran atau kecurangan, maka UI akan mengambil tindakan yang sesuai," tandasnya.

Sebagai informasi, pengumuman hasil SIMAK UI untuk program Sarjana dan Vokasi Reguler akan dilaksanakan pada 26 Juli 2024 mendatang.

Kategori :