Kandungan Skincare yang Ampuh Serta Efektif untuk Hiperpigmentasi dan Cara Mengatasinya, Simak Yuk!

Sabtu 13-07-2024,08:44 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Selain karena sinar matahari, Hiperpigmentasi juga dapat disebabkan dari kebiasaan memencet jerawat yang meninggalkan bekas noda hitam hingga salah pilih produk kecantikan. 

Jelas saja hal tersebut dapat mengganggu penampilan. Hal ini terjadi karena sel-sel melanosit di kulit telah memproduksi melanin dalam jumlah besar akibat terpicu oleh paparan sinar matahari berlebih, peradangan, fluktuasi hormon dan obat-obatan. 

Masalah hiperpigmentasi kini bisa segera diatasi dengan pemakaian produk skincare yang mengandung bahan-bahan aktif terbaik. Jika kamu sedang mengalami masalah kulit ini, berikut bahan aktif skincare yang ampuh mengatasi hiperpigmentasi.

BACA JUGA:

Alpha Arbutin

Kandungan dalam skincare yang satu ini cukup umum dan banyak ditemukan dalam berbagai produk skincare, seperti toner dan serum. Formula ini berasal dari turunan zat yang dikenal dengan nama hydroquinone. Nah, bagi kamu pemilik kulit sensitif, ternyata Alpha Arbutin aman dan dapat digunakan untuk ritual perawatan sehari-hari, lho. Tidak hanya untuk mengatasi hipergimentasi, kandungan tersebut juga bekerja memudahkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Pastinya jadi paket perawatan lengkap yang kamu butuhkan.

Vitamin C

Bahan aktif pertama untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi adalah vitamin C. Bahan aktif ini dapat menghambat kerja enzim tirosinase yang penting dalam produksi melanin. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan noda hitam yang terbentuk, terutama lentigo. Vitamin C termasuk bahan aktif skincare yang populer dalam mengatasi hiperpigmentasi. 

Retinol

Dikenal sebagai holy grail dalam produk perawatan kulit, retinol memiliki berbagai manfaat untuk memaksimalkan perawatan kulit. Salah satunya adalah menyamarkan noda hitam yang disebabkan oleh masalah hiperpigmentasi. Jika digunakan secara rutin sesuai dengan aturan pemakaian, hasilnya bisa terlihat maksimal. Selain bisa menyamarkan noda hitam, retinol juga dikenal sebagai kandungan yang dapat mengatasi masalah penuaan dini dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, karena termasuk salah satu bahan yang cukup sensitif, kamu perlu memperhatikan aturan pemakaian retinol yang tepat. Misalnya saja tidak menggunakannya bersamaan dengan produk yang mengandung vitamin C dan AHA/BHA agar tidak menyebabkan iritasi.

Glycolic acid

Bahan aktif skincare selanjutnya adalah glycolic acid. Zat asam yang masuk kelompok alpha-hydroxy acid (AHA) ini akan membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit. Dan, mendorong terjadinya regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih cepat sehingga jumlah sel-sel kulit yang menggelap pun berkurang. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa glycolic acid dan lactic acid, zat asam dari kelompok AHA lainnya, dapat mempengaruhi kerja enzim tirosinase dalam memproduksi.

BACA JUGA:

Kategori :