Ini Cara Menghindari Gejala Lampu Mobil Menguning dan Buram

Kamis 11-07-2024,16:09 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seiring dengan pemakaian dan umur tanpa kita sadari mika lampu mobil bisa berubah menjadi warna kuning. 

Lampu menguning merupakan permasalahan yang umum terjadi pada kendaraan, bisa motor ataupun mobil.

Gejala ini terasa tidak baik dan perlu adanya penanganan agar tidak membahayakan pengemudi dan juga orang lain.

Dengan mika lampu menjadi menguning, bisa membuat pencahayaan semakin berkurang apalagi jika menempuh perjalanan dalam kondisi malam hari dan hujan atau berembun.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Lampu Rem Mobil yang Sering Mati dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Ketahui Tanda Alternator di Mobil Sudah Mulai Rusak, Kenali dan Segera Perbaiki!

Perawatan mika lampu memang perlu diperhatikan, karena bila lampu bekerja dengan baik tentu bisa membantu penglihatan pengemudi dan juga pengendara lain terhadap kendaraan baik didepannya ataupun dibelakang.

Supaya mika lampu tidak menguning, permukaan mika lampu diharapkan untuk selalu dalam keadaan kering dan bersih. Terutama setelah berpergian saat hujan atau saat selesai dari mencuci kendaraan. Dan juga jangan membiarkan terlalu lama sesuatu menempel di permukaan mika lampu.

Segera dikeringkan dengan lap chamois atau kain microfiber supaya debu dan kotoran kecil tidak mudah menempel dan membuat bercak water spot

Hal ini diungkapkan oleh Stefanus Yoga, pemilik workshop detailing Detailworks Motospa, Tangerang Selatan yang dikutip dari Otomotifnet.

Menurutnya mika lampu buram dan menguning bisa mengganggu pancaran sinar lampu mobil, dan ini tentu tidak baik Ketika berkendara dalam kondisi jalan yang kurang bercahaya. 

Yoga juga menjelaskan untuk menghindari permukaan mika lampu menjadi kuning, diusahakan parkir mobil selalu ditempat yang teduh dan terhindar dari paparan sinaar matahari secara langsung.

Hal ini bertujuan ntuk menghindari percepatan proses oksidasi jika ada partikel kotoran dan air di permukaan kaca yang menguap serta bisa menimbulan bercak-bercak jamur.

Tidak hanya bisa merubah warna, terlalu sering mika lampu terkena sinar paparan matahari yang terik ternyata juga bisa menyebabkan material dari bahan plastic lebih cepat mengalami keretakan secara halus.

"Mika lampu itu selalu panas, apalagi saat jalan malam karena lampu akif, kalau siang juga kena panas matahari jadi lebih cepat retak halus dan kusam menguning," jelas Yoga.

Kategori :