Penting Moms! 7 Manfaat Alami Buah Semangka yang Baik Dikonsumsi untuk kesehatan Ibu Hamil, Apa Saja Sih?

Kamis 12-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA - Siapa yang tidak tahu buah semangka? Buah yang cukup populer dan sangat digemari masyarakat mulai dari anak - anak sampai orang dewasa memiliki banyak sekali manfaat loh.

Semangka merupakan salah satu jenis buah - buahan yang bisa dijadikan sebagai pencuci mulut atau makanan penutup. Buah semangka termasuk dalam jenis buah - buahan yang harganya cukup terjangkau dan memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Karena dalam semangka mengandung banyak mineral yang tinggi, serta mengandung kalium, protein , vitamin A B6 C E K, zat besi dan sodium.

Berikut ini dilansir dari beberapa sumber manfaat dari semangka yang baik untuk tubuh : 

BACA JUGA:

1. Bisa menyuburkan kandungan

Semangka memiliki senyawa asam folat yang tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Selain itu dapat mencegah terjadinya cacat fisik juga kerusakan pada saraf bayi. Cara mengkonsumsinya yaitu kamu bisa mengolah semangka menjadi jus agar semangka bisa dengan mudah diserap oleh tubuh.

2. Bisa meredakan asam lambung 

Manfaat dari buah semangka yang kedua yaitu dapat memberi rasa tenang di perut serta saluran pencernaan lancar. Dengan mengkonsumsi semangka, sifat pendinginannya dapat membantu dalam meringankan masalah pencernaan, bahkan secara instan. Maka dari itu, konsumsi buah ini setiap merasa maag dan mengalami masalah pencernaan.

3. Bisa meingkatkan kesehatan jantung

Kandungan senyawa likopen yang terdapat dalam semangka yang memberikan warna merah di jenis buah - buahan ini. Dengan mengkonsumsi semangka secara teratur bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi resiko penyakit kardiovaskular karena adanya Vitamin A, C, dan magnesium. Dan semangka juga mengandung asam amino yang dapat menjaga kesejatan pembuluh darah serta dapat meningkatkan aliran darah.

4. Bisa membantu hidrasi tubuh

Manfaat lain dari buah semangka yaitu mampu tubuh saat sedang dehidrasi. Sebab penelitian dari Experimental and Clinical Sciences disebutkan semangka mengandung 92% air, dan bisa membuat tubuh terhindar dari resiko dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

5. Bisa mencegah kanker

Tak cuma bisa mencegah dehidrasi, manfaat semangka juga mampu untuk mencegah sakit kanker. Dalam jurnal Experimental and Clinical Sciences, likopen, antioksidan dalam semangka dapat membantu pencegahan kanker, penyakit kardiovaskular, hingga diabetes.

Kategori :