Meniti Jalan Kebaikan dengan 50 Hadis Pendek dan Artinya yang Penuh Makna untuk Amalan Sehari-hari

Senin 08-07-2024,17:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

BACA JUGA:

46. Hadis tentang Tuntutan Belajar dan Mengajar

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Ta'allamuu wa'allimuu wa tawaadhu'u li mu'allimiikum wa layalaw li mu'allimiikum.

Artinya: "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)

47. Hadis tentang Mengingat Kematian

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ يَعْنِي المَوْتَ

An Abi Hurairah radhiallahu 'anhu qala: Qala rasulullah sallallahu 'alayhi wa sallam: 'Akthiru dzikra haadzimi al-ladzaat, ya'ni al-maut.'

Artinya: "Dari Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah bersabda, 'Perbanyaklah kalian mengingat kepada sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu maut.'" (HR. At-Tirmidzi)

48. Hadis tentang Anak Yatim

عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: "Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini. Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggang keduanya.” (HR. Bukhari)

49. Hadis Pendek tentang Dakwah

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, “Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat.” (HR. Bukhari)

50. Hadis tentang Keutamaan Mengucap Salam

وعن أَبي أُمامة صُدَيِّ بن عجلان الباهِلِي قال: قال رسولُ الله إنَّ أَوْلَى النَّاس باللهِ مَنْ بَدَأهم بالسَّلام

Artinya: “Sesungguhnya orang yang paling utama di sisi Allah adalah mereka yang memulai salam.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Dengan memahami dan mengamalkan Hadis-hadis pendek ini, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, berakhlak mulia, dan mendapatkan ridha Allah SWT. 

Kategori :