Meniti Jalan Kebaikan dengan 50 Hadis Pendek dan Artinya yang Penuh Makna untuk Amalan Sehari-hari

Senin 08-07-2024,17:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, terkadang kita merasa tersesat dan kehilangan arah. Dalam situasi ini, panduan dari Rasulullah SAW melalui hadis bagaikan cahaya yang menerangi jalan. 

Dalam Hadis, Rasulullah SAW telah mewariskan banyak sekali ajaran berharga yang dapat kita jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hadis-hadis pendek, penuh makna, dan mudah dipahami ini menjadi pedoman praktis untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kebaikan dan keberkahan.

Menerapkan Hadis dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan tekad dan usaha yang sungguh-sungguh, kita pasti dapat mencapainya. 

Hadis-hadis pendek tersebut bagaikan cahaya pencerah yang dapat membimbing kita di jalan yang benar dan mengantarkan kita menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Meskipun banyak Hadis yang mengandung makna mendalam, ada beberapa Hadis pendek yang mudah diingat dan diamalkan, tetapi memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter dan akhlak mulia. 

BACA JUGA:

Berikut ini 50 hadis pendek beserta artinya yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Hadis tentang Menuntut Ilmu

Ada dua pilihan hadis pendek tentang menuntut ilmu, yaitu:

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ

Utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi.

Artinya: “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat.” (Ibnu Abdil Barr)

dan,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Tolabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wa Muslimah.

Artinya: “Menuntut ilmu wajib bagi tiap muslim dan Muslimah.” (HR. Ibnu Majah)

Kategori :