Bahaya! Inilah 7 Dampak Buruk Media Sosial Bagi Kesehatan Mental Pelajar yang Perlu Dihindari

Sabtu 21-09-2024,12:01 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Scrolling media sosial terus-menerus juga dapat menciptakan perbandingan-perbandingan yang tidak sehat. Misalnya adalah Anda membandingkan barang-barang yang dimiliki dan tidak dimiliki dengan kepunyaan orang lain. Padahal, apa yang orang lain unggah di media sosial belum tentu sama indahnya dengan kenyataan. Sama seperti Anda, orang lain juga pasti memiliki masalah dan kesulitan masing-masing yang mungkin sama atau lebih buruk daripada yang Anda hadapi. Hanya saja, hal tersebut tidak ditampilkan di media sosial. Jika Anda terpengaruh dengan dampak negatif media sosial yang satu ini, hal ini dapat menganggu kesehatan mental dan meningkatkan kecemburuan sosial.

Menimbulkan FOMO

Fear of missing out (FOMO) atau takut melewatkan hal-hal tertentu juga merupakan dampak negatif media sosial. Hal ini ini bisa takut akan ketinggalan trend medsos up to date, berita menarik, maupun gosip yang sedang viral. Jika seseorang sudah merasa FOMO, ia bisa membuka media sosial setiap beberapa menit untuk memeriksa hal baru apa yang terjadi.

Meningkatkan Risiko Terkena Cyberbullying

Bukan hanya bertatap muka, kasus perundungan atau bullying juga dapat terjadi di dunia maya termasuk medsos. Hal ini dikenal dengan istilah cyberbullying. Cyberbullying dapat berawal dari hal-hal yang menyinggung yang memicu perdebatan dan akhirnya berujung perundungan. Perundungan di sini bisa berupa komentar dengan kata-kata kasar, mengancam, menyebarkan hoaks dan informasi pribadi, hingga pelecehan.

Memicu Kesalahpahaman

Meskipun media sosial menjadi cara terbaik untuk tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang bertempat tinggal jauh, hal itu tidak sama dengan komunikasi tatap muka. Saat sedang berkomunikasi melalui pesan teks, Anda tidak akan dapat melihat ekspresi wajah atau mendengar nada suara orang lain secara online. Akibatnya, kesalahpahaman sangat mudah terjadi. Dampak negatif media sosial ini menjadi lebih rentan terjadi ketika Anda mencoba melucu atau menyindir secara online, tetapi orang lain tidak menangkap apa maksud Anda. Akibatnya, kesalahpahaman tersebut bisa memicu pertikaian, bahkan cyberbullying.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait dampak buruk media sosial untuk kesehtan mental pelajar yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat. 

Kategori :