7 Tips Mudah Bisa Handal Dalam Public Speaking, Topik Biasa Jadi Menarik

Sabtu 24-08-2024,15:15 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

5. Menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens

Seperti yang telah dibahas di atas, kamu juga perlu menelisik target audiens dari berbagai aspek, salah satunya bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Kamu juga bisa mencari tahu kosakata khas yang mereka gunakan.

Misalkan daerah Surabaya yang terkenal dengan sapaan “rek”, atau Medan dengan kata “horas”. Dengan kosakata tersebutlah, audiens merasa lebih dekat dan kamu juga terkesan lebih akrab.

BACA JUGA:Bahaya Jika Diabaikan, Ini Ciri dan Penyebab 'Pentil' Ban Mobil Rusak

6. Jadilah Percaya Diri, Jangan Gunakan Filler Words

Berbicaralah dengan tegas dan percaya diri. Salah satu gangguan terbesar sebagai anggota audiens adalah pembicara yang terus-menerus mengatakan “eh” atau “um”. Kata-kata pengisi (filler words) ini biasanya digunakan sebagai cara public speaking untuk mengalihkan waktu sementara kamu memikirkan apa yang akan dikatakan selanjutnya. Biasakan diri untuk diam saja ketika kamu merasa ingin menggunakan salah satu filler words itu.

7. Berbicara dengan Artikulasi yang Jelas

Saat benar-benar berdiri di depan audiens, terkadang kesulitan berbicara dengan lancar. Namun dengan latihan public speaking sendiri, kamu dapat melatih kemampuan berbicara, menyampaikan, atau mengomunikasikan sesuatu dengan jelas dan mudah dimengerti. Jangan berbicara terlalu cepat. Kamu juga harus menggunakan bahasa maupun jargon yang tepat, dipahami oleh audiens, dan sesuai dengan situasi.

Kategori :