7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kamis 01-08-2024,12:00 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang telah dihaluskan, kopi banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. 

Kopi bisa dibilang sebagai minuman andalan untuk membuat tubuh agar tetap berenergi dan terjaga. Kopi memiliki kurang lebih 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi 8 ons.

Selain itu, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang manfaat kopi yang baik untuk kesehatan. Berbagai kandungan dalam kopi mampu melindungi sel-sel tubuh hingga mengurangi risiko penyakit kronis. 

BACA JUGA:

Berikut, ada beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh simak ulasannya pada artikel di bawah ini:

Menjaga Kesehatan Liver

Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang organ hati, seperti hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, hingga kanker hati. Rutin mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat membantu Anda menurunkan risiko terserang penyakit tersebut.

 

Menjaga Kesehatan Otak

Berdasarkan beberapa penelitian, minum kopi bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak seperti mengurangi risiko mengalami demensia atau pikun. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati serta mengurangi risiko depresi. Di sisi lain, jurnal Practical Neurology menjelaskan bahwa manfaat minum kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

 

Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson dan alzheimer. Kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi diyakini memiliki efek protektif pada sel-sel otak.

 

Kategori :