ARCH:ID 2024, Pameran Arsitektur Terbesar di Indonesia Digelar, Usung Tema Toleransi

Jumat 23-02-2024,14:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

 

Direktur PT CIS, Arief R. Rudiantoro, menyatakan, sebagai mitra penyelenggaraan ARCH:ID awalnya diselenggarakan secara sederhana pada 2000.

Tapi kemudian ARCH:ID berkembang menjadi platform monumental dan kini merayakan edisi keempatnya.

"Setiap tahun, kami berkeinginan untuk terus menjadi platform strategis di bidang arsitektur dan bahan bangunan, dengan memfasilitasi ekspansi bisnis, membangun relasi, dan berfungsi sebagai tempat diresmikannya produk-produk, solusi, dan teknologi baru," terangnya.

Perlu diketahui, pameran ini dikuratori oleh Ar. Yacobus Gatot S. Surarjo, dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ar. Nelly Daniel, IAI, dan Ar. I Ketut Dirgantara IAI. 

 

Hasil kerja sama antara IAI bersama PT CIS Exhibition ini tidak hanya memperlihatkan karya instalasi dari brand ternama, tetapi juga kontribusi instalasi dari Himpunan Teknik Iluminasi Indonesia (HTII), Ikatan Arsitek LanskapIndonesia (IALI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), dan Kementerian Pariwisata. 

Dirancang untuk memukau dan menginspirasi jumlah pengunjung sebesar 17 ribu kedatangan, ARCH:ID 2024 diselenggarakan di HALL 5 dan HALL 6. 

Pameran ini menampilkan lebih dari 350 stan dari 100 pelaku pameran lokal maupun internasional, 19 booth terkurasi, 14 instalasi, dan 4 Feature Exhibitions.

 

Pameran ini berlaku sebagai titik temu kreativitas dan kolaborasi beragam pelaku arsitektur dalam hampir sejumlah 100 perusahaan, dengan partisipasi dari para pelajar dari universitas lokal, dan juga partisipasi IAI Regional.

Tak hanya pameran, ARCH:ID 2024 menawarkan banyak program lain, seperti konferensi 2 hari, ARCH:ID Talk Series, Obrolan Tuju-Tuju, dan Hackathon ARCH:ID.

Selain itu, terdapat Featured Exhibitions dengan berbagai pameran instalasi; yakni Menyawang, WOW read, Heritage Sketch,Tribute to Eko Prawoto & Josef Priotomo, Istana Melayu Badan Pelestarian IAI, OIKN, 4 Nations Showcase, dan Work from ARCH:ID.

Dalam serangkaian Talk Series yang diadakan di ARCH:ID 2024, para pembicara dari berbagai entitas penting berbagi wawasan tentang topik ‘Placemaking: Tolerance’, dan membahas upaya menciptakan ruang yang inklusif. 

BACA JUGA:

Kategori :