Penting! 3 Cara Mengetahui Apakah IMEI Disadap Pinjol: Kinerja Ponsel Jadi Melambat!

Rabu 31-01-2024,05:13 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Dery Sutardi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Apakah Anda mengetahui apa itu IMEI? IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Ini adalah nomor yang unik yang diberikan kepada setiap ponsel.

IMEI dapat digunakan untuk mengidentifikasi ponsel Anda secara unik. Namun, ada beberapa kasus di mana IMEI dapat disadap oleh pinjaman online atau layanan pinjaman online (pinjol).

Dalam artikel radarpena ini, kita akan membahas cara untuk mengetahui apakah IMEI Anda telah disadap oleh pinjol.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa tindakan ini harus dilakukan dengan izin hukum dan dalam batas peraturan yang berlaku. Tidak dianjurkan untuk melakukan tindakan ilegal atau mengakses informasi pribadi orang lain tanpa izin mereka.

Itulah mengapa, keamanan perangkat handphone dapat terancam jika IMEI telah disadap. Langsung saja, simak bagaimana cara mengetahui IMEI disadap pinjol beserta tanda-tandanya yuk.

BACA JUGA:

3 Cara Mengetahui IMEI Disadap Pinjol

Berikut adalah beberapa cara memeriksa apakah IMEI pada smartphone telah disadap atau tidak, di antaranya yaitu:

1.   Mengecek Status Keamanan IMEI di Pengaturan

Cara mengetahui IMEI disadap pinjol yang pertama adalah kamu bisa mengecek status keamanan IMEI melalui pengaturan pada ponselmu.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan yang ada di ponselmu.
  • Cari opsi ‘Informasi Perangkat’ atau ‘Tentang Ponsel (My Phone)’ yang ada di menu Pengaturan.

Jika sudah ketemu, klik menu, kamu akan menemukan berbagai informasi terkait ponsel yang digunakan, mulai dari model smartphone, CPU, hingga penyimpanan. Scroll hingga ke bawah, pilih opsi ‘Informasi Lainnya’ atau ‘More Information’

Klik menu ‘Phone Information’. Nah, di sini kamu akan menemukan nomor IMEI yang ada pada perangkatmu.  Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kode IMEI dengan telepon ke nomor *#06#.

2.  Hubungi Operator

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan cara mengetahui IMEI disadap pinjol dengan menghubungi operator saat melihat adanya tanda-tanda penyadapan pada ponselmu. Kamu bisa menghubungi operator sesuai dengan provider yang digunakan pada perangkat. Operator akan membantumu dalam mengatasi permasalahan yang terjadi.

Kategori :