RBM memungkinkan pengiriman pesan kampanye atau iklan, memastikan pelanggan terlibat dengan merek yang mereka percayai.
Ini menciptakan peluang baru untuk interaksi yang lebih mendalam antara bisnis dan konsumen dalam era komunikasi digital yang terus berkembang.
Arief Pradetya, VP of Digital Advertising, Wholesale, Interconnect & Financial Services Telkomsel, menceritakan bahwa sebelum adanya RCS dan RBM, penawaran produk dilakukan melalui SMS dan MMS.
Menariknya, saat menggunakan MMS, respons dan interaksi dengan pelanggan meningkat 2-3 kali lipat.
Arief berpendapat bahwa dengan keberadaan media yang lebih interaktif, potensi interaksi dapat lebih tinggi.
Ia juga menyebut adanya alternatif media dari operator, menunjukkan peran inovatif dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui platform multimedia.
BACA JUGA:
- Bisnis Toko Online Lebih Lancar dengan AHABOT, Raih Cuan Nomplok di 2024
- Intip Keunggulan dari Chipset Dimensity 8300 Ultra yang Ada di POCO X6 Pro
- Samsung Galaxy S24 Ultra: Intip Spesifikasi dan Harga Terbaru Januari 2024, Android Berperforma Canggih
Apa itu RCS?
Dilansir dari Digital Trends, RCS bukanlah hal baru dalam dunia telekomunikasi dan pesan singkat. Sebenarnya, RCS telah ada sejak tahun 2007, lima tahun setelah MMS memulai debutnya.
Meskipun demikian, standar ini tidak pernah mencapai kesuksesan yang memuaskan, terutama dengan banyaknya operator dan produsen perangkat yang terlibat.
Semuanya berubah ketika Google mengambil alih pada tahun 2015 dengan mengakuisisi Jibe Mobile.
Pada awal 2016, Google mengumumkan kepemimpinan dalam pengembangan RCS. Kolaborasi dengan Sprint pada tahun yang sama memperkuat langkah-langkah Google untuk membawa RCS ke jaringan operator.
Integrasi RCS ke dalam aplikasi Google Messages menjadi langkah kunci. Operator dan produsen pun secara bertahap mulai mengadopsi Google Messages, dengan Samsung bahkan menempatkannya sebagai aplikasi bawaan pada smartphone terbarunya.
Meskipun memiliki aplikasi Samsung Messages yang kompatibel dengan RCS. Seiring waktu, perubahan ini menandai pergeseran menuju penggunaan RCS yang lebih luas dalam komunikasi mobile.