Ngapain Panik Hadapi Atap Bocor di Musim Penghujan? Ini 5 Cara Mengatasi sesuai Biang Keroknya

Jumat 12-01-2024,17:20 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Atap bocor merupakan kendala yang banyak dialami di musim penghujan, tentunya hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan membuat kekhawatiran penghuni rumah.

Dan apabila kebocoran atap rumah tidak segera diperbaiki maka bisa menjadi permasalahan yang fatal untuk kedepannya.

Namun tidak bisa dengan sembarang untuk memperbaiki atap bocor rumha, karena jika salah bisa jadi berdampak pada bagian lainnya seperti tembok lembab hingga tembok yang keropos.

Jadi sebelum memperbaiki atap rumah yang bocor, tentu pemilik rumah harus bisa memahami persoalan atap bocor dari jenis dan bentuk atapnya.

 

Ada berbagai penyebab atap rumah bocor, seperti terjadi retak pada hubungan di posisi nok atau jurai, talang air kurang cekung atau kurang lebar, dan kemiringan atap kurang memadai.

Selain itu, atap rumah bocor juga bisa terjadi karena mutu genteng kurang bagus sehingga ada yang melenting, pemakuan yang salah pada pemasangan genteng tetapi lubang bekas paku tidak langsung ditambal, atau terjadi keretakan karena tidak melalui proses waterproofing. 

Lantas bagaimana cara memperbaiki atap bocor dengan tepat? Yuk simak dalam ulasan di artikel ini.

Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Atap merupakan komponen penting dari rumah yang berfungsi sebagai penahan air hujan dan terik panas matahari. Apabila atap mengalami keretakan, maka akan terdapat celah di mana air hujan dapat masuk sehingga menyebabkan kebocoran.

Untuk mencegah kebocoran bertambah parah, berikut beberapa cara mengatasi atap rumah bocor yang bisa dilakukan sesuai dengan penyebab kebocorannya. 

1. Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor di Pertemuan Genteng dan Tembok

Saat hujan turun, biasanya kebocoran bersumber pada pertemuan antara genteng dengan tembok. Jika terjadi kebocoran, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

Bersihkan bagian genteng yang akan diperbaiki dengan menggunakan sapu lidi atau lap. 

Pastikan plesteran tembok bagian pinggir sudah memenuhi syarat. Plesteran yang bagus tidak akan meresap air.

Kategori :