KPU Bongkar Soal Dana Kampanye di Pilpres 2024, Siapa Paling Besar?

Rabu 20-12-2023,17:31 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis laporan dana kampanye pasangan Capres dan Cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

KPU menjelaskan bahwa dana kampanye tersebut telah diterbitkan di Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka).

Sikadeka ini memang digunaklan KPU untuk sebagai akat bantu para peserta pemilu dalam mengelola kegiatan Kampanye dan memudahkan nantinya peserta melaporkan dana kampanye.

Dalam Sikadeka salah satu yang dimuat dalam laporan dana kampanye itu adalah asal usul penerimaan sumbangan, baik berupa uang ataupun barang maupun jasa.

BACA JUGA:Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Temukan 124 Konten Ujaran Kebencian

BACA JUGA:Profil Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa, Moderator Debat Perdana Cawapres

Dijelaskan bahwa penerimaan sumbangan ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti pasangan dari calon, dari partai politik atau gabungan partai politiknya. 

Tidak hanya itu juga, penerimaan sumbangan juga bisa bersumber dari pihak lain yang diluar dari lingkup partai, seperti pihak perseorangan, sumbangan pihak lain kelompok, dan bisa juga sumbangan pihak lain perusahaan, ataupun badan usaha non-pemerintah.

Jika melihat dari laman Sikadeka KPU, ternyata pasangan nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon Capres dan Cawapres dengan dana kampanye palig besar.

Diketahui dana kampanye Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mencapai Rp 31.4 miliar.

Lantas berapa dana kampanye yang dikeluarkan oleh pasangan yang lain? Berikut ulasannya;

Dana Kampanye dan Rinciannya

Dari Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka) yang telah dibuat KPU dengan tujuan untuk memudahkan masing-masing pasangan mengelola kegiatan kampanye lewat dana tersebut. Serta juga memudahkan nantinya pada pasangan calon melaporkan dana kampanye selama masa pemilu.

Jika melihat dari laman resmi Sikadeka, ternyata dana kampanye terbesar hingga saat ini adalah Pasangan nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming Raka. Dana kampanye untuk pasangan ini mencapai Rp 31.4 miliar.

Disusul dengan Pasangan nomor urut 3 yaitu Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD. Pasangan yang didukung oleh 3 Partai politik tersebut melaporkan dana kampanye sebesar 23.3 miliar.

Berbeda dengan pasangan nomor urut 1, yang merupakan Anies Baswedan dan Cak Imin. Berdasarkan laporan Sikadekak pasagan tersebut baru mencatatkan dana kampanye sebesar Rp 1 miliar.

Kategori :