JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Indomie merupakan salah satu jenis mie instan yang memiliki banyak penggemarnya. Selain rasanya yang nikmat, mie instan juga makanan yang praktis untuk mengisi kebutuhan asupan makanan.
Di Indonesia, Indomie adalah merk mie instan yang namnya sudah dikenal oleh semua kalangan. Harganya yang ekonomis berkisar Rp 3000-Rp 5000 rupiah saja dari semua jenisnya.
Produk yang sudah ada sejak tahun 1972 ini dan menjadi pelopor mie instan ini telah menjadi mie instan favorit di 100 lebih negara di dunia, seperti seluruh negara Asia, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah.
BACA JUGA:
- Indomie dan Mi Gaga Ternyata Satu Perguruan. Mari Simak Sejarah -nya !
- 3 Resep Mie Gacoan Ala Rumahan, Gak Perlu Antre Panjang Lagi Bisa Nikmati Bersama Keluarga
Namun tahukah kalian bagaimana Indomie bisa dikenal hingga sampai ke Luar Negeri? berikut ini alasannya:
1. Endorse dari "WNI di luar negeri"
Hal pertama yang menjadi alasan mengapa orang-orang luar negeri juga mengenal brand mie instan Indomie adalah karena diperkenalkan oleh orang-orang Indonesia yang berdomisili di luar negeri. Jadi, orang-orang Indonesia yang ke luar negeri yang juga terbiasa makan Indomie pun membawa kebiasaannya itu pula ke tempat mereka bernaung sekarang.
Hal itu yang kemudian membantu ekspansi Indomie ke luar negeri yang pada awal ekspansinya tak langsung laris. Indomie mendapatkan "endorse" dari WNI di luar negeri yang menggemari Indomie. Indomie pun kemudian perlahan dikenal warga di sana lewat word of mouth warga Indonesia.
2. Research yang kuat dan inovasi rasa
Sebagai produk makanan, Indomie juga banyak melakukan riset rasa untuk menyesuaikan preference rasa dari market di masing-masing daerah. Inilah alasan mengapa Indomie di tiap negara bahkan tiap daerah memiliki rasa yang berbeda. Indomie mengeluarkan produk-produk yang memiliki rasa-rasa sesuai dengan lidah warga di daerah tujuan ekspansi.
3. Menggunakan local ads
Selain rasa, Indomie juga menyesuaikan diri di bidang pemasaran. Mereka mengeluarkan iklan-iklan produk yang telah disesuaikan dengan kultur dan budaya negara atau daerah yang dituju.
Itu membuktikan, meskipun Indomie jadi perusahaan global, namun mereka tidak menggeneralisasikan iklan mereka. Dengan menyesuaikan iklan di masing-masing daerah, maka warga negara atau daerah sasaran bisa menerima produk Indomie.
Indomie terjual laris di ratusan negara di dunia. Itu membuat Indomie konsisten sebagai salah satu world’s best instant noodles.
BACA JUGA:
- Resep Bakmie Goreng Mudah, Cepat, dan Enak
- Bumbu Mie Goreng Jawa: Ini Rahasianya agar Tetap Enak Meski Sudah Dingin, Yuk Intip Resepnya!
Harga Indomie di Luar Negeri
Tidak hanya di Indonesia, ada 5 negara yang memiliki minat luar biasa terhadap Indomie dengan harga yang bervariasi. Bahkan harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga di Indonesia, kira-kira negara apa saja ya?
1. Arab Saudi
Dilansir laman Arabian Noodles, harga Indomie rasa ayam spesial 5 bungkus dihargai ر.س5 (SAR atau Saudi Riyal) yang setara Rp 20.690 (asumsi kurs Rp 4.138). Artinya, 1 bungkus Indomie di Arab harganya sekitar Rp 4.138.
2. Singapura
Berdasarkan situs e-commerce B2B lokal di sana, Indomie goreng spesial 85 g 5 pcs dijual dengan harga S$2.30 atau setara Rp26. 454 (asumsi kurs Rp 11.500). Jadi, harga satuan Indomie di Singapura sekitar Rp 5.290.