10 Danau Terluas Di Dunia, Keajaiban Alam yang Mempesona Dari Kaspia sampai Malawi

Selasa 24-10-2023,13:00 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Reza Fahlevi

 

5.  Danau Michigan (57,75 ribu km²)

Danau Michigan adalah danau terbesar yang seluruh wilayahnya berada di dalam Amerika Serikat. Danau ini terbentang di beberapa negara bagian, mulai dari Illinois, Indiana, Michigan, dan Wisconsin. Danau ini memiliki kawasan lindung Sleeping Bear Dunes National Lakeshore dan Warren Dunes State Park.

 

6.  Danau Tanganyika (32,6 ribu km²)

Selain masuk dalam daftar danau terbesar, Danau Tanganyika juga merupakan danau air tawar terpanjang di dunia, yaitu mencapai 676 km. Volumenya mencapai 18,9 ribu km³.

Danau ini terletak di antara Burundi, Tanzania, Zambia, dan Republik Kongo. Tanganyika merupakan ekosistem bagi buaya Nil, terrapin, dan berbagai spesies ikan.

 

7.  Danau Baikal (23,6 ribu km²)

Dari segi luas, Danau Kaspia memang menjadi danau terbesar di bumi. Namun secara volume, Danau Baikal mencapai 23,6 ribu km³ atau yang terbesar di dunia. Namun, luasnya hanya berkisar 23,6 ribu km².

Danau ini terletak di pegunungan Rusia, sebelah utara perbatasan Mongolia. Danau Baikal dianggap sebagai danau tertua di dunia dengan perkiraan umur mencapai 25-30 juta tahun.

BACA JUGA:

 

8.  Danau Great Bear (31 ribu km²)

Danau yang luas wilayahnya berada di Kanada ini kerap membeku dan permukaannya tertutup es sepanjang November sampai Juli. Kendati begitu, ada banyak spesies ikan di danau ini.

Bahkan, danau ini menjadi sumber makanan bagi penduduk di sekitarnya. Danau ini terletak di Hutan Boreal, kawasan barat laut Kanada.

 

9.  Danau Malawi (29,5 ribu km²)

Danau Malawi merupakan salah satu warisan dunia menurut UNESCO dan dilindungi oleh undang-undang setempat. Sebab, danau ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, Danau Malawi juga merupakan rumah bagi begitu banyak spesies ikan. Danau ini terletak di Malawi, Mozambik, dan Tanzania.

 

Kategori :