Simak Keutamaan Bacaan Doa Sapu Jagat Lengkap Tulisan Arab dan Latin, Cek Disini

Selasa 24-10-2023,14:01 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Reza Fahlevi

Keutamaan dari bacaan doa sapu jagat yang pertama yaitu memohon untuk diselamatkan dari siksaan panas api neraka.

Dengan membaca doa sapu jagat kita memohon permintaan untuk dibebaskan dari panasnya api neraka serta dijauhkan dari segala perbuatan haram dan perbuatan dosa dari hal - hal syuhbat segala hal yang haram.

Yaum al-Hisab atau hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia. Baik amal kebajikan maupun amal yang buruk.

Jika seseorang lebih banyak amal buruknya maka ia akan dimasukkan ke dalam api neraka, sementara apabila seseorang lebih banyak amal baiknya niscaya akan masuk surga.

2. Doa sapu jagat doa yang disukai oleh Rasullulah SAW.

Membaca doa sapu jagat sangat dianjurkan oleh Allah SWT, sebab doa sapu jagat merupakan doa yang disukai oleh Rasullulah SAW.

Doa sapu jagat termasuk salah satu doa pendek yang disukai oleh Nabi besar kita Muhammad SAW.

Rasullulah SAW yang sering membaca doa ini sebab memiliki makna yang mencakup tiga hal diantaranya yaitu kenikmatan di akhirat, bebas dari siksaan neraka dan meminta kenikmatan di dunia.

Seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu anhu yang berbunyi,

Lafaz Arab:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

"Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Muhammad SAW, adalah 'Allaahumma aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar'." (HR Muttafaq Alaih).

3. Memohon kebaikan di dunia dan akhirat

Setiap manusia tentunya ingin mendapatkan kebaikan di dunia dan di ahkhirat.

Dengan membaca bacaan doa sapu jagat, seseorang dapat memohon agar terlindungi dari segala bentuk keburukan yang ada di dunia.

Tak hanya di dunia, memohon perlindungan setelah menjalani kehidupan dunia kita akan berhadapan dengan kematian dan kehidupan baru di akhirat.

Kategori :