Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Grand Filano

Rabu 30-08-2023,13:06 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Yamaha Grand Filano memiliki desain yang stylish dan elegan, mengambil gaya motor Eropa yang khas.

Lampu depannya ditempatkan di bagian kepala dengan bentuk diamond yang terbagi menjadi dua bagian, di mana bagian atas berfungsi sebagai lampu jarak dekat dan bagian bawahnya sebagai lampu jarak jauh. Desain ini berfungsi sebagai elemen pengenal Grand Filano.

BACA JUGA:

Sedikit lebih ke bawah, terdapat lampu siang berjalan yang ditempatkan seperti dasi. Lampu seinnya yang berbentuk vertikal tertanam di kedua sisi tameng depan. Seluruh sistem pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED.

Kesan klasik semakin terasa melalui tata letak samping yang bergaya melingkar. Di bagian belakang, terdapat garis tegas yang memberikan sentuhan estetik pada bodi, serta emblem 3D yang mencolok dengan tulisan "Grand Filano".

Namun sayangnya, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah fakta bahwa pengisiannya menggunakan soket tipe car charger dan bukan port USB. Akibatnya, para pengguna harus membeli tambahan berupa adapter.

Salah satu kekurangan lainnya terletak pada performa mesin yang lebih rendah dibandingkan dengan Fazzio, meskipun harga Filano lebih mahal.

Grand Filano menggunakan mesin 125 cc dengan konfigurasi 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan sistem injeksi Blue Core yang menghasilkan daya puncak sebesar 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Sementara itu, Fazzio dengan mesin yang sama mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan output ini adalah bobot Grand Filano yang lebih berat sebanyak 5 kg dibandingkan dengan Fazzio.

Bagi mereka yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm, mungkin akan menghadapi kesulitan dalam menjangkau tanah saat mengendarai Filano.

Ketinggian joknya mencapai 790 mm, yang dianggap cukup tinggi untuk motor dengan kapasitas mesin 125 cc.***(Nadya Azka)

Kategori :